Excavation of Education Fund Sources at SD Negeri Samirono Yogyakarta (Penggalian Sumber Dana Pendidikan di SD Negeri Samirono Yogyakarta)
Abstract
This study aims to describe the excavation of educational funding sources consisting of 1). Exploration of sources of education funds through the Government 2). Exploring education funding sources through parents/school committees and 3). Exploring sources of education funds through the community. This research is a qualitative type with a descriptive approach that collects data by observing, interviewing and documenting. The results of this study stated that SD N Samirono Yogyakarta did not procure sources of funds from other sources, only relied on funds from the government, but SD N Samirono Yogyakarta tried to meet the needs of schools with minimal and sufficient funds but this was still felt by the school to be lacking and was just planned to collaborate with the school committee at SD Negeri Samirono Yogyakarta. So that we can know that the procurement of good and structured sources of funds will help realize the implementation of the educational process in realizing educational goals effectively and efficiently.
Keywords: Education Financing, Finance, Education Fund Sources
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggalian sumber dana pendidikan yang terdiri dari 1). Penggalian sumber dana pendidikan melalui Pemerintah 2). Penggalian sumber dana pendidikan melalui orang tua/komite sekolah dan 3). Penggalian sumber dana pendidikan melalui masyarakat. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriftif yang melakukan pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentaasi. Hasil penelitian ini menyatakan SD N Samirono Yogyakarta tidak melakukan pengadaan sumber dana dari sumber lainnya hamya mengandalkan dana dari pemerintah saja, namun SD N Samirono Yogyakarta berusaha mencukupi kebutuhan sekolah dengan dana seadanya dan secukupnya akan tetapi hal ini masih dirasa kurang oleh pihak sekolah dan baru direncanakan untuk mengadakan kerjasama dengan pihak komite sekolah di SD Negeri Samirono Yogyakarta. Sehingga dapat kita ketahui penggadaan sumber dana yang baik dan terstruktur akan membantu mewujudkan pelaksaan proses pendidikan dalam mewujudkan tujuan pendidikan secara efektif dan efesien.
Kata Kunci: Pembiayaan Pendidikan, Keuangan, Sumber Dana Pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Budi Budaya. (n.d.). Manajemen Pembiayaan Pendidikan pada Sekolah Dasar yang Efektif. Likhitaprajna: Jurnal Ilmiah.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 18(1), 18.
Chin, J. M., & Chuang, C.-P. (2015). The Relationships Among School-Based Budgeting, Innovative Management, and School Effectiveness: A Study on Specialist Schools in Taiwan. The Asia-Pacific Education Researcher, 24(4), 679–693. https://doi.org/10.1007/s40299-014-0220-3
Fahrurrozi, F. (2016). Strategi Penggalangan Dana untuk Pendidikan: Studi Penggalangan Dana ZIS Rumah Zakat dan Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhu’afa Untuk Penyelenggaraan Pendidikan Berkualitas. Millah, XI(2), 423–452. https://doi.org/10.20885/millah.volXI.iss2.art5
Gamar, N. (2019). Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Study Kasus Mts Darul Khair Masing, Kec. Batui, Kab. Banggai, Sulawesi Tengah). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 11–20. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i1.1009
Hatimah, I. (2016). Keterlibatan Keluarga dalam Kegiatan di Sekolah dalam Perspektif Kemitraan. Pedagogia, 14(2). https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3878
Hayani, N. (2015). Peran Komite Sekolah dalam Pembiayaan Pendidikan. Manajemen Pendidikan, 9(2), 13.
K, R. F. (2018). Pembiayaan Pendidikan dI Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 43–64. https://doi.org/10.30659/pendas.2.1.43-64
Masditou, M. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menuju Pendidikan yang Bermutu. Andsiru PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 1(2), 119–145. https://doi.org/10.30821/ansiru.v1i2.1518
Mujayaroh, & Rohmat. (2020). Pengelolaan dan Pengalokasian Dana Pendidikan di Lembaga Pendidikan. Arfannur: Journal of Islamic Education, 1(1), 14.
Mukhtar. (2015). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 3(3), 15.
Mulya, C. (2019). Implementasi Pembiayaan Pendidikan Melalui Pengelolaan Dana BOS dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(2), 149–154. https://doi.org/10.4321/ijemar.v3i2.4367
Sari, S. W. O., & Santoso, Y. (n.d.). Pengelolaan Dana Bantuan Operasi Sekolah. Universitas Negeri Padang, 7.
Septiana, D. N., Bafadal, I., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pelibatan Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 293–301. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p293
Sofyan, Y., Marsanto, & Barlian, U. C. (2021). Analisis Pembiayaan Pendidikan (Suatu Kajian Praktis Dalam Pengeloaan Anggaran Pendidikan Di Sekolah Menengah Umum). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 221–239. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss1.pp221-239
Sonedi, S., Jamalie, Z., & Majeri, M. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Bersumber dari Masyarakat. Fenomena, 9(1), 25. https://doi.org/10.21093/fj.v9i1.702
Sopiali, A. (2018). Theory and Basic Concept of Cost in Islamic Education. Jurnal Intelegensia, 06(2), 16.
Sudarmono, S., Hasibuan, L., & Us, K. A. (2021). Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 15.
Suib, M. (n.d.). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Dasar Negeri. Universitas Tanjung Pura, 17.
Sulfiati F, Andi Samsu Alam, & Andi Lukman Irwan. (2010). Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Sinjai. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(2).
Sumiyati, Y. (2019). Partisipasi Komite Sekolah Dalam Penggalangan Dana Pendidikan di SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 3(1), 10.
Syamsul, H. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4271
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.