The Relevance of the Application of Islamic Religious Education to the Crime Rate among Junior High School Students (Relevansi Penerapan Pendidikan Agama Islam dengan Angka Kriminalitas Kalangan Pelajar SLTP)
Abstract
Artikel ini bertujuan menganalisis beberapa aspek yaitu: 1) penerapan Pendidikan Agama Islam pada SLTP di kecamatan Landono; 2) Angka kriminalitas yang dilakukan pelajar SLTP di kecamatan Landono; c) relevansi antara penerapan Pendidikan Agama Islam pada SLTP dengan angka kriminalitas di kecamatan Landono. Penelitian ini dilakukan secara campuran (mixed method), pada 99 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan pembagian angket. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pendidikan agama pada SLTP di kecamatan Landono telah diterapkan sesuai dengan standar penerapan pengajaran pendidikan agama Islam yang ideal. Proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dilaksanakan secara baik sesuai tuntunan, dan hasilnya dapat dikategorikan cukup baik. (2) secara umum kriminalitas pada kalangan pelajar di kecamatan Landono menunjukkan angka yang relatif rendah, dalam artian tidak sampai menimbulkan keresahan masyarakat setempat. (3) relevansi antara penerapan Pendidikan Agama Islam dengan angka kriminalitas pelajar di kecamatan Landono nampak pada adanya keterkaitan fungsional dari keduanya, semakin besar identitas penerapan Pendidikan Agama Islam semakin berkurang angka kriminalitas dalam suatu masyarakat.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, KriminalitasFull Text:
PDFReferences
Akip, M. (2020). Akhlak Guru Terhadap Murid Dalam Proses Pendidikan di Era Milenial Perspektif Imam Ghazali. EL-Ghiroh, XX(XX), 169–178. https://doi.org/https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v18i2.242
Baiti, M., Bujuri, D. A., Hamzah, A., & Yusnita, E. (2022). Pendidikan Agama dalam Keluarga terhadap Anak Usia Dasar: Kontekstualisasi Pemikiran Nurcholish Madjid. CENDEKIA: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 14(02), 318–334. http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/323
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157–182. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Muslimawaty, R. (2020). Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga Menurut Perspektif Zakiah Daradjat. At-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 46–51. http://jurnal.staisabili.net/index.php/At-Tarbiyah/article/view/44
Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola Asuh Orang Tua dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/focus.v4i1.22831
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.