The Role of Administrative Staff in Supporting Academic Services: Study at SMKN 1 Molawe, North Konawe (Peran Tenaga Administrasi dalam Mendukung Layanan Akademik : Studi di SMKN 1 Molawe, Konawe Utara)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis peran tenaga administrasi sekolah dalam mendukung layanan akademik di SMKN 1 Molawe, Konawe Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran, hambatan dan peningkatan kompetensi tenaga administrasi sekolah dalam mendukung layanan akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif naratif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data berupa pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik pengamatan, triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Mendukung Layanan Akademik meliputi; Sebagai administrator yang membukukan kegiatan sekolah, mengadministrasi kegiatan dan proses pembelajaran, menyampaikan data presentasi kehadiran guru dan peserta didik, merekapitulasi peristiwa dan pelanggaran peserta didik, merekapitulasi perkembangan akademik peserta didik, mengadministrasi laporan-laporan guru terhadap perkembangan belajar peserta didik, dan menyiapkan kelengkapan administrasi dalam rangka memperlancar kegiatan PBM. 2) Upaya Peningkatan Kompetensi Tenaga Administrasi, yaitu; Mengadakan Kegiatan Whorkshop, mengikuti kegiatan pelatihan, dan pembinaan peningkatan kompetensi. 3) Hambatan Tenaga Administrasi dalam mendukung layanan akademik, yaitu; Dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
Kata Kunci: Peran, Tenaga Administrasi dan Layanan Akademik
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan. JIAGANIS: Jurnal Ilmu Administrasi Negara & Bisnis, 3(2), 1–17. http://jurnal.stiaindragiri.ac.id/site/index.php/jiaganis/article/view/52
Amran. (2015). Faktor Penentu Keberhasilan Pengelolaan Satuan Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(2), 185–196. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/mapen.v9i2.1113
Azkiyah, Z., Kartiko, A., & Zuana, M. M. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Promosi Terhadap Minat Siswa Baru di Madrasah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 290–303. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.538
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches, Fourth Edition. Sage Publication, Inc.
Ganata, T., & Sumarsih, S. (2020). Evaluasi Kompetensi Tenaga Administrasi SMP Se-Kecamatan Kota Manna. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 14(3), 47–59. https://doi.org/10.33369/mapen.v14i3.12898
Hasrawia, H., Alim, N., & Syahrul, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Administrasi terhadap Kepuasan Siswa di Madrasah Aliyah DDI Lema Bajo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1), 99–112.
Najwa, L., Suhardi, M., & Angraini, M. (2022). Peran Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pendidikan. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(4), 319–324. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/academia.v2i4.1909
Nasem, N., Arifudin, O., Cecep, C., & Taryana, T. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. Jurnal IlmiaH MEA: Manajemen Ekonomi & Akuntansi, 2(3), 209–218. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v2i3.624
Pandi, A. (2022). Peran Tenaga Administrasi dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di MTs Hidayatul Muhsinin. MUDIR : Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 162–174. http://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/137
Rahmawati, L., Romizah, R., & Zulhadi, Z. (2023). Peranan Penting Administrasi Kurikulum dalam Pendidikan. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 1(2), 263–268. https://doi.org/https://doi.org/10.61930/pjpi.v1i2.289
Sari, S. N., Wahyudi, D., & Tartiyoso, S. (2020). Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah Terhadap Pelayanan Sekolah Sma Negeri 1 Padang Tualang Kab. Langkat. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(2), 56–62. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i2.326
Syahrul, S., & Nurmayanti, N. (2019). Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Muhammadiyah Kendari. Shautut Tarbiyah, 25(2), 259–284. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31332/str.v25i2.1623
Ulfa, S. W., Monalisa, F. N., & Nasution, M. I. M. (2023). Peran Tenaga Administrasi di Madrasah Aliyah Swasta Hifzil Qur ’ an Islamic Centre Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29001–29007.
Wibowo, A., Chrismanto, A. R., & Lukito, Y. (2021). Peningkatan Layanan Akademik Sekolah SMA BOPKRI 1 Melalui Aplikasi Registrasi Siswa Baru. Sendimas 2021 - Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 170–176. https://doi.org/10.21460/sendimasvi2021.v6i1.43
Zakhiroh, R. (2013). Pengaruh Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah Terhadap Kualitas Layanan Administrasi Non Akademik. Didaktika, 19(2), 59–70. https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/44
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.