Implementasi Manajemen Strategik Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMAN 1 Kendari
Abstract
Penelitian ini berjudul implementasi manajemen strategik kepala sekolah dalam menumbuhkan sikap keberagamaan siswa dengan permasalahan bagaimana sikap keberagamaan dan implementasi manajemen strategik kepala sekolah dalam menumbuhkan sikap keberagamaan siswa di SMAN 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis yakni penelitian yang bertujuan menjelaskan suatu gejala atau fakta serta upaya untuk mencari dan menata secara sistematis dan akurat data penelitian, kemudian dilakukan penelahan secara akurat dan mendetail guna mencari makna. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasidan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap Islami yang ditanamkan nampaknya telah menjadi kebiasaan positif siswa dalam kesehariannya utamanya di lingkungan sekolah. Sikap Islami yang ditunjukkan siswa SMAN 1 Kendari adalah rajin ibadah (shalat), sikap sopan dan santun, antusias terhadap ilmu agama, sikap toleransi, dan gemar ber-Infak. Dan Implementasi manajemen strategik kepala sekolah dalam menmbuhkan sikap keberagamaan siswa melalui beberapa kegiatan-kegiatan keagamaan diwujudkan dengan beberapa cara yaitu penyediaan sarana dan prasarana, pendekatan persuasif kepada siswa dengan selalu menasihati dan melakukan penilaian sikap keberagamaan sebagai bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta dengan melakukan pengarahan langsung sebagai upaya pembiasaan. Penerapan dari kebijakan strategik yang dapat menumbuhkan sikap keberagamaan siswa SMAN 1 Kendari pada dasarnya telah diterapkan dengan baik yang terlihat dari antusias siswa dalam kegiatan keagamaan, meskipun masih perlu untuk terus ditingkatkan seperti budaya 3S (senyum, salam dan sapa).
Kata Kunci: Manajemen Strategik, Sikap Keberagamaan
Full Text:
PDFReferences
Brown, T., Challenging Globalization as Discourse and Phenomenon,
(International Journal of Lifelong Education, 1995)
Danim, Sudarman, Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan,
(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003)
Fadjar, A. Malik (ed), PlatformReformasi Pendidikan dan
Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Logos
Wacana Ilmu, 1999)
Harahap, Syahrin, Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi, Cet. I,
(Yogyakarta: IAIN Sumatera Utara, 1998)
ILO, A Fair Globalization: Creating Opportunities for All, (Geneva:
International Labour Office, 2004)
Indra, Hasbi, Pendidikan Islam Melawan Globalisasi, Cet. II (Jakarta:
Rida Mulia, 2005)
Joni, T. Raka, Memicu PerbaikanMelalui Kurikulum Dalam Kerangka
Pikir Desentralisasi dalam Sindunata (ed), Membuka Masa
Depan Anak-AnakKita, (Yogyakarta: Kanisius, 2000)
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Cet. III, (Solo:
PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2013)
Ma'arif, Ahmad Syafi'i, “Pemikiran tentang Pembaharuan Pendidikan
Islam di Indonesia,”dalam Muslih Usa, ed., Pendidikan Islam
di Indonesia antara Cita dan Fakta, (Yogyakarta: Tiara
Wacana, 1991)
Muchsin, Bashori dan Wahid, Abdul, Pendidikan Islam Kontemporer,
(Bandung: PT Refika Aditama, 2009)
Nata, Abudin, Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan
Pendidikan Islam di Indonesia, (Bogor: Kencana, 2003)
Putuhena, M. Saleh A., “Kearah Rekonstruksi Sains Islam,” dalam
Norman Said dkk, ed. Sinergi Agama dan Sains: Ikhtiar
Membangun Pusat Peradaban Islam, Cet. I, (Makassar:
Alauddin Press, 2005)
Karim, Nurdin. "Pendidikan Karakter." Shautut Tarbiyah 23.1 (2010): 69-89.
Rahim, Husni, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Cet. I,
(Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001)
Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model
Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan,
Cet. I, (Jakarta: Kencana, 2004)
Tilaar, H.A.R., Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan
Masa Depan, Cet. IX, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.