Evaluasi Program Pendidikan: “Pedekatan Evaluasi Program Berorientasi Tujuan (Goal-Oriented Evaluation Approach: Ralph W. Tyler)”
Abstract
Dari awal perkembangan evaluasi pendidikan sekitar tahun 1960-an sampai
sekarang, tokoh-tokoh evaluasi telah mengembangkan sekitar puluhan
model-model evaluasi. Berbagai model ini pula didasarkan pada pendekatan,
bentuk-bentuk dan tujuan evaluasi. Model-model ini digunakan untuk
mengevaluasi program atau kegiatan dalam berbagai aspek, baik itu dalam
bidang politik, ekonomi, hukum, budaya dan pendidikan. Evaluasi program
pendidikan merupakan proses deskripsi, pengumpulan data dan penyampaian
informasi kepada pengambil keputusan yang akan dipakai untuk
pertimbangan apakah program perlu diperbaiki, dihentikan atau dilanjutkan.
Diantara sekian banyak tokoh dalam berbagai model dan dan pendekatannya,
salah satu tokoh evaluasi pendidikan yang terkenaladalah Ralp W Tyler. Ia
berpendapat bahwa evaluasi adalah suatu proses menentukan apakah tujuan
telah terealisasi atau belum. Penentuan pencapaian terhadap tujuan telah
terealisasi atau belum, dirumuskan dengan 7 (tujuh) langkah evaluasi
berorientasi tujuan Tyler. Tulisan ini bertujuan untuk menerangkan konsep,
langkah dan tujuan dari model evaluasi yang dipelopori oleh Ralph W Tyler.
Kata Kunci: Evaluasi Program, Berorientasi Tujuan, Ralph W Tyler