The Relationship between Spiritual Intelligence and Students' Honesty Values (Hubungan Kecerdasan Spritual dengan Nilai Kejujuran Peserta Didik)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan kejujuran peserta didik MTs Pondok Pesantren Attarbiyatussakilah (Peskil) Kota Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Pnelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif, analisis uji asumsi, dan korelasi statistik. Pengujian validitas dan reliabilitas melalui uji r dan uji t untuk parsial dengan menggunakan program SPSS 23.0 for windows. Penelitian ini telah dilaksanakan di MTs Pondok Pesantren Attarbiyatussakilah Kendari pada bulan September - Oktober 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan spiritual terhadap kejujuran peserta didik MTs Pondok Pesantren Attarbiyatussakilah (Peskil) Kota Kendari yang bernilai 61.5 dengan persentase 92,3 %. Hal ini berarti bahwa kecerdasan spiritual memiliki hubungan yang kuat terhadap perilaku kejujuran peserta didik MTs Pondok Pesantren Attarbiyatussakilah (Peskil) Kota Kendari.
Full Text:
PDFReferences
Amnur, C. I. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dan Kejujuran Siswa Di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Anwar, Y. (2022). Pendidikan Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Dalam Meningkatkan Akhlaqul Karimah Perspektif Ahmad Amin Dan Al-Ghazali. Ihtirom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 62-74
Fauzi, I. (2023). Peran Guru PAI Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Tarbiyah Jurnal: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1).
Hardiansyah, H., Said, C. M., & Normawati, N. (2021). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dalam Membangun Nilai-Nilai Kejujuran pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah Lakea. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 15(1), 30-33.
Hendrawan, Sanerya. 2009. Spiritual management. Bandung : Mizan Pustaka.
Isna Nurla dan Aunillah. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Laksana
Kusnadi, Erik. 2021. Hubungan kecerdasan spiritual engan penerapan nilai-nilai kejujuran siswa di SMAN 13 Mukomuko. Bengkulu : Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Rahman, T. N., Supraha, W., & Ahmad, A. (2023). Metode Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa Tingkat Sekolah Menengah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01).
Salafuddin. (2010). Kecerdasan Spiritual dan Hubungannya dengan Penerapan nilai-nilai kejujuran Siswa MTS Daarul Hikmah Pamulang. Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sidiqqa, A. (2020). Korelasi Kecerdasan Spiritual Dengan Kejujuran Siswa (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Syarbini., Amirullah. 2016. Pendidikan Karakter berbasis Keluarga. Yogyakarta : Ar Ruzz Media
Tasmara, Toto. (2001). Kecerdasan Rohaniyah Transcendental Intelegensi, Jakarta : Gema Insani
Sugiyono dan Susanto, Agus. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS dan Lisrel. Bandung : Alfabeta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.