HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR DAN SELF EFFICACY DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 KENDARI

Ermawati Ridwan, Imelda Wahyuni, Ros Mayasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui; 1) Gambaran kesiapan belajar, self efficacy dan keaktifan belajar siswa, 2) hubungan kesiapan belajar dengan keaktifan belajar siswa, 3) hubungan self efficacy dengan keaktifan belajar siswa, dan 4) hubungan kesiapan belajar dan self efficacy dengan keaktifan belajar siswa di SMP Negeri 5 Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 1242 orang, Sampel penelitian ditetapkan secara stratified random sampling sebanyak 93 siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial setelah memenuhi uji persyaratan, normalitas dan linearitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kesiapan belajar dan self efficacy serta keaktifan belajar siswa sudah terlaksana dengan cukup baik, hal ini terlihat dari kesiapan belajar yang dimiliki siswa, mampu membuat siswa untuk lebih berkonsentrasi dan berpartisipasi aktif dalam menerima pelajaran, dan kemampuan siswa dalam menjalankan tugas yang diberikan, sehingga tercipta keaktifan belajar yang baik. Kesiapan belajar berhubungan positif dan signifikan dengan keaktifan belajar siswa, self efficacy berhubungan positif dan signifikan dengan keaktifan belajar siswa, kesiapan belajar dan self efficacy berhubungan positif dan signifikan secara simultan dengan keaktifan belajar siswa di SMP Negeri 5 Kendari. Kedua variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 30,6% sedangkan sisanya sebesar 69,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini artinya semakin baik kesiapan belajar dan self efficacy yang dimiliki siswa, maka akan semakin baik dan positif pula keaktifan belajarnya. Sehingga berimplikasi pada siswa untuk belajar secara aktif dan menggali imformasi secara mandiri serta menumbuhkan rasa percaya diri dalam proses pembelajaran.

Keywords


Kesiapan Belajar dan Self efficacy, Keaktifan Belajar

References


Bandura, A. Guide for Constructing Self Efficacy scales. (online). (http://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/BanduraGuide2006.pdf), diakses 08 Mei 2018.

Baron, R. A dan Byrne, D. Psikologi Sosial Jakarta: Erlangga, 2005

Dalyono, Psikologi Pendidikan, Semarang: Rineka Cipta, 2005.

Dahar, Ratna Wilis. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Erlangga, 2011.

Depdiknas, Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 2003.

Djamarah, Syaiful Bahri. Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Ivancevich, John M dan Robert Konopaske, Human Resource Manajement. New York: McGraw-Hill, 2013.

Komsiyah, Indah. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Teras, 2012

Ridwan. Metode dan Tehnik Menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta, 2010.

Robbins, Stephen P. dan Mary Coulter, Management, New Jersey: Pearson Education, 2012.

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge, Organizational Behavior, New Jersey: Pearson Education, 2011

Slameto, Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2012

Sudjana, Nana. CBSA Dalam Proses Pembelajaran, Bandung: Sinar Baru, 1998

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2007.

Ulum, “ Keaktifan belajar siswa”. http://blogeulum.blogspot.com (Diakses pada tanggal 25 juni 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v5i2.1535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

License URL: http://ejournal.iainkendari.ac.id/zawiyah

View My Stats