IMPLEMENTASI MANHAJ SISTEMATIKA WAHYU DALAM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH KOTA KENDARI

Lutifuddin Lutfiuddin, Moh. Yahya Obaid, Supriyanto Supriyanto

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis data dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan dara terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi dan selanjutnya dianalisis dengan cara analisis domein, analisis, analisis taksonomi, analisis komponen dan analisis tema. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, keikutsertaan dan trianggulasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Kendari dalam persiapan implementasi Manhaj sistematika Wahyu dalam pendidikan Pondok Pesantren melalui dua tahap. Tahap (1) mengintegrasikan kurikulum diknas yang di pakai pada pendidikan formal dengan Manhaj Sistematika Wahyu yang di beri istilah Pendidikan Integral. Tahap (2)  sistem keasramaan (Boarding/ Mondok) yang diharapkan dalam sistem ini adalah optimalisasi iptek yang seimbang dengan pembentukan kesadaran ruhiyah sangat ditunjang oleh keterpaduan ungsur yang ada, yaitu sekolah, masjid dan asrama. Manhaj Sistematika Wahyu dalam pelaksanaan pada sistem pendidikan di Pondok Pesantren Hidayatullah Kendari dengan memberikan muatan Sistematika Wahyu pada setiap pembahasan dalam mata pelajaran baik pelajaran formal maupun ekstrakurikuler. Hal ini dapat tercermin pada pramuka yang di berikan muatan Kepanduan Hidayatullah yang berisikan Manhaj Sistematika Wahyu.Pelaksanaan evaluasi Manhaj Sistematika Wahyu pada sistem pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah Kendari menggunakan empat model evaluasi yaitu : (a) Evaluasi goald oriented, (b) Evaluasi Formatif, (c) Evaluasi Normatif dan (d) Evaluasi Sumatif.


Keywords


Implementasi, Manhaj Sistematika Wahyu, Pendidikan Pondok Pesantren

References


Ahmad Abdul Aziz, 2012. Robbani Al-Qur’an Perkata, Tajwid Warna, Surya Prima Sinergi Jakarta

Ainurrafiq Damam. 2001. Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, Lista Priska Putra, Jakarta

Akmal Halwi. 2013. Kompetensi Guru PAI. Jakarta : Rajawali Pers.

Alase Abayomi, The interpretative Phinomenological Analisis (IPA) A Guide To a Good Qualitative Resiach Apporoach. International Journal Of Education and Literacy Studiens, Vol. 5 No. 2, April 2017. DOI: 10.757/aiac. Ijels.v.5n.2p.9

Ali Mukti, 1987. Beberapa Persoalan Agama Dewasa ini, Rajawali Pres, Jakarta

Arifin Muzayyin, 2009. Kapita Selekta Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta

Departemen Agama RI, 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Perkembangan dan Pertumbuhannya, Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Jakarta.

Departemen Agama RI, Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005. Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah, ttp, Jakarta

Dhofir Zamakhsyari, 1982. Tradisi Pesantren, LP3ES, Yokyakarta

Dit PSMP Kemendiknas. 2010. Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Direktorat PSMP Kemendiknas.

Dualay Haidar Putra, 2004. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan” Nasional Prenada Media Grup, Jakarta

Fajar A.MAlik, 2005. Holistika pemiiran Pendidikan, Raja Grapindo Persada, Jakarta

H. Malayu Hasibua. 2005. Dasar Pengertian dan Masalah Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara.

Haedari Amin, 2005. Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Moderenitas, IRD Pres, Jakarta.

Hery Neor Aly. 2003. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.

Ibnu Mandur, 1991. Lisan Al-arab, Darul Sadir, Bierut

Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan.

Khosin, Tipelogi Pondok Pesantren, Diva Pustaka, Jakarta

Marzuki. 2018. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran disekolah. magister-pendidikan.blogspot.com, diakses 02 desember.

Mujib Abdul, 2015. Pendekatan Fenomenologi dalam studi Islam, Jurnal Pendidkan Islam Vol. 6, Al-Tzkiyah

Mujid Abdul, 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Kencana Panada Media, Jakarta

Mukhtar Alim, 2012. Manhaj Sistematika Nuzulnya Wahyu di Era Ormas, Naskah Dep. Pengkaderan PD Hidayatullah Malang. Malang

Mulyasa. 2003. Manajemen pendidikan Karajter. Jakarta : Bumi Aksara.

Nasirul Haq, 2015. Materi Marhala Ula, Marhala Ula gabungan di Pondok Induk Hidayatullah Balikpapan

Nasirul Haq, Sistematika Wahyu Kerangka Dasar Peradaban Islam, Suara Hidayatullah. www.hidayatullah.com

Novan Ardi Wiyani. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Yokyakarta : PT Pustaka Insan Madani.

Sabda Syaifuddin Sabda, 2009. Model Pembelajaran Kurikulum, Terintegrasi Saintek Dengan Taqwa, Sebuah Model Pengembangan Kurikulum Mata Pelajaran Sainstek di Sekolah Madrasah, Antasai Pres, Banjarmasin.

Salbu Mansur, 2009. Mencetak Kader Perjalanan Hidup Ust Abdullah Said Pendiri Hidayatullah, Suara Hidayatullah, Surabaya

Setiawan Guntur, 2004. Implementasi dalam Birokrasi pembangunan, Balai Pustaka, Jakarta

Shihab Quraish, 2002. Tafsir Almisbah, Lentera Hati, Jakarta.

Sirajuddin, 1981. I’tiqad Ahlu Sunnah Waljamaa, Pustaka Tarbiyah, Jakarta

Sulastyorini, 2009. Manajemen Pendidikan Islam, Konsep Strategi dan Aplikasi, Teras, Yogyakarta

Tanzeh Ahmad, 2004. Metode Penelitian Praktis, PT Bima Ilmu, Jakarta

Thohari Hamim, 2001. Panduan Berislam Paket Ma’rifah, Media Penyiaran Hidayatullah, Jakarta

Tim Penulis Dewan Pimpinan Pusat Hidayatullah,2015. Panduan Pendidikan Integral Hidayatullah, Dewan Pimpinan Pusat Hidayatullah, Jakarta

Tim Penulis Dewan Pimpinan Pusat Hidayatullah. 2015. Panduan Pendidikan Integral Hidayatullah. Dewan Pimpinan Pusat Hidayatullah, Jakarta

Tohari Hamin , 2002. Wahyu Pertama Yang mengubah Peradaban, Dewan Dakah Pusat Hidayatullah, Jakarta

Usman Nurdin, 2002. Konteks Implemantasi Berbasis Kurikulum, Grasindo, Jakarta

Wahjosumidjo, 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Raja Grafindo Persada, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v6i2.1601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

License URL: http://ejournal.iainkendari.ac.id/zawiyah

View My Stats