PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG DAN ZAKIAH DARAJAT

Muhamad Basyrul Muvid, Miftahuuddin Miftahuuddin, Moh. Abdullah

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran pendidikan Islam kontemporer Hasan Langgulung dan Zakiah Darajat yang kemudian dicari titik temu antar keduanya. Pendidikan Islam harus senantiasa update dan berbenah di tengah arus global yang begitu cepat, agar bisa selalu eksis dalam menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan global. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi kepustakaan yang data-datanya diperoleh melalui buku, jurnal, artikel, penelitian dan dokumen-dokumen yang sesuai dengan tema ini. Hasil: Pemikiran Hasan Langgulung tentang pendidikan Islam kontemporer ialah bahwa belajar sebagai proses untuk mengembangkan berbagai kompetensi peserta didik, mensinergikan berbagai ilmu, kesehatan mental juga aspek yang penting untuk dikembangkan dalam pendidikan Islam selain aspek spiritual, pengetahuan dan sosial. Sedangkan Dzakiah Darajat mempunyai pandangan bahwa pendidikan Islam harus mencetak manusia yang sesuai fitrahnya yakni sebagai Abdullah dan Khalifah Allah, mensinergikan aspek intelektual dan spiritual serta moral, psikoogi sufistik sebagai aspek yang perlu dikembangkan didalam pendidikan Islam. Titik temu antar keduanya ialah bahwa psikologi menjadi sebuah ilmu yang turut membantu pendidik dalam menghadapi berbagai ragam kepribadian peserta didik, dengan memahami ilmu psikologi maka pendidik akan lebih mudah dalam memberlakukan peserta didik. Sehingga psikologi tidak bisa dipisahkan dengan dunia pendidikan Islam.


Keywords


Kontemporer, Pendidikan Islam, Hasan Langgulung, Zakiah Darajat.

References


Al Faruqi, Isma’il Raji. Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Penerbit Pustaka. 1984.

Al Quusy, Abdul Aziz. Pokok-pokok Kesehatan Jiwa; Mental. Jakarta: Bulan Bintang. 1974.

Ali, Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: PKP12 Universitas Wahid Hasyim. 2016

Anirah, Andi. “Pendidikan Dalam Perspektif Sosio-Kultural, Jurnal Hunafa, Vol. 4, No. 3 (2007): 240.

Anwar, Khairul. “Pendidikan Islam Kontemporer: Antara Konsepsi dan Aplikasi”. Tesis: Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung. 2018.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangn Milenium III. Jakarta: Kencana. 2012.

-------------------. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Ciputat: Logos, 2000.

Bagir, Zainal Abidin. Integrasi Ilmu dan Agama; Interpretasi dan Aksi. Bandung: Mizan. 2005. Yamin, Moh. Menggugat Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. 2009

Baharun, Hasan. “Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage pada Lembaga Pendidikan Islam”, Jurnal at Tajdid, Vol. 5, No. 2 (2016): 243.

Bainar. Kiat Sukscs Wanita Indonesia. Jakarta: Perkasa Pres, 1997.

Bawani, Imam. Cendekiawan Muslim dalam Perspektif Pendidikan Islam. Surabaya: Bina Ilmu Offset, 1991.

Bernadib, Imam. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan. 1987.

Chaer, Thoriqul. et.al. Membangun Pendidikan Indonesia Berkelas Dunia. Kuningan: Goresan Pena. 2020.

Choiri, Moh. Miftachul Dan Aries Fitriani. “Problematika Pendidikan Islam Sebagai Sub Sistem Pendidikan Nasional Di Era Global”. Al-Tahrir. Vol.11. No. 2, (2011): 308.

Danim, Sudarwan. Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Daradjat, Zakiah. Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental. Jakarta: Bulan Bintang, 1982.

------------------. “Kesehatan Mental, Peranannya dalam Pendidikan dan Pengajaran”. Makalah Seminar disampaikan pada Upacara Pengukuhan Guru Besar Tetap dalam Ilmu Jiwa pada IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 27 Agustus 1984.

--------------------. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1993.

----------------------. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: YPI Ruhama, 1995.

----------------------. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 2004.

-----------------------. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: YPI Ruhama. 1995.

Drewes, G.W.J. An Early Javanese Code of Muslim Ethics. The Hague: KITL V Nijhoff Bibliotheca Indonesia, 1978.

Fauziyah, Ulul. “Pendidikan Islam dalam Prespektif Hasan Langgulung” Skripsi: Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2009.

Firman, Arham Junaidi. “Paradigma Hasan Langgulung Tentang Konsep Fitrah Dalam Pendidikan Islam”. Jurnal Uhamka, Vol. 8, No. 2 (November 2017): 123.

Firmansyah. “Kesehatan Mental Islam dalam Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Hasan Langgulung”. Tesis: UIN Sumatera Medan. 2013.

Furchan, Arief dan Agus Maimun. Studi Tokoh, Metode Penelitian Mengenai Tokoh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2005.

Gunawan, Ari H. Kebijakan-kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. 1995.

Gunawan, Heri. Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014.

Hadi, Imam Anas. “Peran Penting Psikologi Dalam Pendidikan Islam”. Nadwa, Vol. 11. No. 2 (2017): 253.

Huda, Miftahul. “Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial”, Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 10, No. 1 (2015): 167.

Ikah. “Analisis Terhadap Pemikiran Zakiah Darajat Tentang Didaktik dan Metodik Pendidikan Islam”. Skripsi: IAIN Curup. 2018.

Istiarsono, Zen. “Tantangan Pendidikan Dalam Era Globalisasi: Kajian Teoritik”, Jurnal Intelegensia, Vol. 2, No. 1, (2016): 3.

Jabiri, M. Abid, et.al. Pemikiran Islam Kontemporer. Yogyakarta: Jendela. 2003.

Karwadi. “Tujuan Pendidikan Islam Dalam Pemikiran Hasan Langgulung”, Jurnal PAI, Vol. 4, No. 2 (2009): 137-158.

Kasijan. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu. 1984.

Langgulung, Hasan . Teori-teori Kesehatan Mental. Jakarta: Pustaka Al Husna. 1986.

--------------------. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Al Husna Zikra. 2000.

----------------------. Manusia dan Pendidikan, Suatu Analisa Psikologi, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al Husna. 2004.

Madjid, Nurcholish. Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina, 1997.

Mawangir, Muhamad. “Zakiah Darajat dan Pemikirannya tentang Peran Pendidikan Islam dan Kesehatan Mental,” Jurnal Imu Agama, Vol. 16, No. 2 (2015): 53-56.

Mochtar, Affandi. Membedah Diskursus Pendidikan Islam. Ciputat: Kalimah. 2001.

Mubarak. “Urgensi Psikologi Islam Dalam Pendidikan Islam”. Jurnal Studia Insania, Vol. 5. No. 2 (2017): 215.

Muhaimin. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press. 2011.

Muhaminin dan Abdul Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Tigenda Karya. 1993.

Musfah, Jejen. Membumikan Pendidikan Holistik. Jakarta: Kencana. 2012.

Nata, Abuddin. Sosiologi Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers. 2014.

Nizar, Samsul. Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Padang: IAIN Imam Bonjol Press. 2000.

Prasetyo,M.AM. “Peranan Perilaku Organisasi dan Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Produktivitas Output Pendidikan”, Jurnal Idarah, Vol. 1, No. 8 (2018): 80-101.

Primarni, Amie dan Khairunnas. Pendidikan Holistik: Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna. Jakarta: AMP Press. 2016.

Purnama, Indra. et.al. Potret Pendidikan Indonesia. Bandung: Mujahid Press. 2020.

Rif’an, A. “Quality dalam Perspektif Pendidikan Islam”, Jurnal Piwulang, Vol. 1, No. 1 (2018): 19-32.

Rifa’i, Syukri. “Strategi Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia”. Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2006.

Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS. 2009.

Rusdiana, A. “Integrasi Pendidikaan Agama Islam Dengan Sains dan Teknologi”, Jurnal Istek, Vol. 8, No. 2 (Agustus 2014): 123-143.

Sairin, Sjafri. Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia: Prespektif Antropologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2002.

Sarjono. “Nilai-nilai Dasar Pendidikan Islam”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2, No. 2 (2005): 138.

Shihab, M Quraisy. Wawasan al Qur’an: Tafsir Maudhu’I atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan. 1996.

SM, Ismail, et.al, Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2002.

Steenbrink, Karel A. Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES, 1994.

Sudja’i, Ahmad (ed). Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer. Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Susanto, A. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah. 2010.

Suyanto dan MS. Abbas. Wajah Dinamika Pendidikan Anak Bangsa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa. 2004.

Syah, Muhibbin. Psikologi-Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Tafsir, Ahmad. Epistemologi Untuk Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Fak. Tarbiyah IAIN Gunung Djati. 1995.

Taufiq. “Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Hasan Langgulung Dalam Perspektif Psikologi” Makalah Publikasi: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

Ulwiyah, Nur. “Landasan Psikologi dan Aktualisasinya dalam Pendidikan Islam”. Religi: Jurnal Studi Islam. Vol. 6. No. 1 (2015): 76-99.

Yusuf, Syamsul. Kesehatan Mental: Perspektif Psikologis dan Agama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2018.

Zuchdi, Darmiyati. Humanisasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v6i1.1703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


Copyright (c) 2020 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats