OUTCOME PROGRAM BINA KELUARGA BALITA (BKB): KONSELING ORANG TUA DALAM TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI

Islamiyah Islamiyah, Faizah Binti Awad, Laode Anhusadar

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada tahun 2017 atas kerjasama dengan BKKBN RI. Penelitian ini diharapkan  mampu menghasilkan sebuah gambaran  umum yang menjelaskan tentang fungsi dan tanggung jawab BKKBN wilayah Sulawesi Tenggara terhadap program bina keluarga balita  PAUD yang telah di tetapkan. Sampel penelitian ini dipilih secara purposive sampling (Konawe dan Konawe Selatan). Sumber data yang akan digunakan yakni: data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Keterlibatan orang tua dapat dilihat dari aspek outcome pelaksanaan bina keluarga balita telah memenuhi kriteria, hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperolah dari penyelengaraan bina keluarga balita yang yang bisa menghasilkan orang tua yang kreatif, untuk evaluasi outcome dari bina keluarga balita menunjukkan adanya kreatifitas orang tua  yaitu orang tua membuat sendiri alat permainan edukatif, orang tua menggunakan media di dalam rumah dan orang tua berhasil dan berprestasi.

Keywords


Orang Tua, Tumbuh Kembang, dan Anak Usia Dini

References


Arifin, Z. (2016). Evaluasi pembelajaran: Prinsip, teknik, dan prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Bela Mahardika, A., Suryawati, S., & Aji, R. (2016). Intervensi CBIA untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Penggunaan Antibiotik yang Rasional pada Anggota Bina Keluarga Balita. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 29(2), 165–169. https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2016.029.02.11

Darwati, D., Mexitalia, M., Hadiyanto, S., Hartanto, F., & Nugraheni, S. A. (2014). Pengaruh Intervensi Konseling Feeding Rules dan Stimulasi Terhadap Status Gizi dan Perkembangan Anak di Posyandu Kabupaten Jayapura. Sari Pediatri, 15(6), 377–384. https://doi.org/10.14238/sp15.6.2014.377-84

Eliasa, E. I. (2011). Pentingnya kelekatan orang tua dalam internal Working model untuk pembentukan karakter anak. Developmental Psychology, 33(5), 806–821.

Eti Nurhayati. (2012). Memahami Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Society, 1–14.

Fauziah, R., Mulyana, N., & Raharjo, S. T. (2014). Efektifitas Program Bina Keluarga Balita. Share : Social Work Journal, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.24198/share.v4i1.13059

Fitriani, I. S., & Oktobriariani, R. R. (2017). Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Orang Tua terhadap Pencegahan Penyimpangan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Balita. Indonesian Journal for Health Sciences, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.24269/ijhs.v1i1.2017.pp10-16

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa, 8(2), 245. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Mubiar Agustin. (2014). Hakikat Bimbingan dan Konseling untuk Anak Usia Dini. UT (Vol. 1). Jakarta. Retrieved from file:///C:/Users/User/Downloads/Documents/PAUD4406-M1_2.pdf

Nia Kania. (2006). Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Mencapai Tumbuh Kembang Yang Optimal (pp. 1–10). Bandung.

Nugraha, A., & Rahman, F. A. (2017). Strategi Kolaborasi Orang tua Dengan Konselor Dalam Mengembangkan Sukses Studi Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 128–136.

Nur Khasanah; Khomsum Nurhalim. (2016). Motivasi Orang tua Dalam Mengikuti Program Bina Keluarga Balita Di Kelurahan Uwung Jaya Kota Tangerang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 9–15.

Pratama, D. (2017). Dampak Partisipasi Orang Tua Dalam Kegiatan Bina Keluarga Balita Terhadap Proses Stimulasi Tumbuh Kembang Balita (Studi pada Keluarga Peserta BKB Flamboyan Rw 03 Kelurahan Cigugur Tengah Kecamatan Cimahi Tengah). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 42–52.

Purnomo, H. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 34–47.

Setianingrum, S., Desmawati, L., & Yusuf, A. (2017). Peranan Kader Bina Keluarga Balita dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Fisik Motorik Anak Usia Dini. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 137–145. https://doi.org/10.15294/pls.v1i2.13891

Suriati, S., Kuraedah, Erdiyanti, L. O., & Anhusadar. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299

Tatik Ariyanti. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58. https://doi.org/10.2320/materia.46.171

Visca Dwi Putrili. (2012). Praktik Pengasuhan Anak Pada Keluarga Petani Peserta Bina Keluarga Balita (BKB) Melati 3 Di Desa Nguken Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro. Indonesian Journal of Early Childhood, 2(2), 50–57. https://doi.org/10.15294/IJECES.V1I2.9211




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v6i1.1797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats