PEMIKIRAN HARUN NASUTION TENTANG PENDIDIKAN MORAL

Syafi'ah Syafi'ah, Muh Said HM

Abstract


Harun Nasution (1919-1998) termasuk salah seorang tokoh intelektual muslim pembaharu dalam bidang pemikiran Islam rasional dan berpengaruh besar dalam  memahami dan menjelaskan ajaran-ajaran agama dengan tetap diilhami substansi pesan moral wahyu Allah. Menurutnya dengan kemampuan daya nalar rasio manusia akan menemukan pengetahuan dan kebenaran, nilai-nilai dan pesan-pesan moral. Sementara dalam hal proses pendidikan moral itu sendiri harus rasional, yakni dalam prosesnya dapat diterima oleh rasio disamping harus juga selaras pula dengan tingkat perkembangan rasio anak didik. Keselarasan proses pendidikan moral dengan nalar rasio, akan dapat melahirkan anak didik yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual semata, tetapi sekaligus memiliki moral mulia. pengetahuan yang dimilikinya akan senantiasa sejajar dan sejalan dengan prilaku sosialnya, sehingga ada harapan menjadi manusia pencerah sosial  shaleh.

Keywords


Pemikiran Harun Nasution; Pendidikan Moral

References


Al-Qardhawi, Y. (1987). Ijtihad Dalam Hukum Islam. (terjemahan Ahmad Syathari). Jakarta: Bulan Bintang.

Amin, A. (1977). Etika (terjemahan Farid Ma’ruf, edisi kedua). Jakarta: Bulan Bintang.

Bardansyah, Y. (2008). Pembentukan Karakte. Pekanbaru: LPP Fakutas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order.

Halim, A. (2001). Teologi Islam Rasional (Pertama). Jakarta: Ciputat Press.

Harahap, S. (2005). Penegakan Moral Akademik di Dalam dan di Luar Kampus. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Harian Riau Pos. (2007). Harian Riau Pos, h. 2.

Hazm, I. (1978). Al-Ihkam Fi Ushul al-Ahkam. (terjemahan Muhammad Ahmad Abdul Aziz). Kairo: Maktabah ‘Athif.

Khallaf, A. al W. (1956). ‘Ilm Ushul al-Fiqh (Tujuh). Kairo: ar al Qalam.

Miskawaih, I. (1977). Tahzib al-Akhlak (terjemahan Helmi Hidayat) (Ketiga). Bandung: Mizan.

Muhmidayeli. (2007). Teori-teori Pengembangan Sumber Daya Manusia (Pertama). Pekanbaru: Program Pascasarjana UIN Suska dan LSFK2P.

Nasution, H. (1979). Akal dan Wahyu dalam Islam. Jakarta: UI Press.

Nasution, H. (1986). Teologi Islam Aliran-aliran Sejarah Analisa Perbandingan (kelima). Jakarta: UI Press.

Nasution, H. (1996). Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran (Empat). Jakarta: UI Press.

Nata, Abdul. (1995). Ilmu Kalam, Filsafat dan Tasawuf (edisi ketiga). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nata, Abuddin. (2000). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Seri kajian filsafat pendidikan Islam (Pertama). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Putra, A. T. A. (2020). Konsep Pemikiran Ismail Raji Al Faruqi (Dari Tauhid Menuju Integrasi Ilmu Pengetahuan di Lembaga Pendidikan). Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam. https://doi.org/10.31332/zjpi.v6i1.1827

Rusyan, A. T. (2006). Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: PT Sinergi Pustaka Indonesia.

Salam, B. H. (2000). Etika Individual: Pola Dasar Filsafat Moral. PT Rineka Cipta (Pertama). Jakarta: Rineka Cipta.

Suminto, A. (1989). Refleksi Pebaharuan Pemikiran Islam (Pertama). Jakarta: Guna Aksara.

Tebba, S. (1989). Pembaharuan Hukum Islam mempertimbangkan Harun Nasution, dalam buku Aqib Suminto dkk. 1989. Refleksi Pembaruan Pemikiran Islam (Pertama). Jakarta: Guna Aksara.

Umar, H. . H. (2007). Nalar Fiqih Kontemporer (Pertama). Jakarta: Gaung Persada Press.

Yusuf, M. Y. (1989). Mengenal Harun Nasution melalui Tulisannya, dalam buku Aqib Suminto dkk. 1989. Refleksi pembaruan pemikiran Islam (Pertama). Jakarta: Guna Aksara.

Zuriah, N. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan Manggagas Platfom Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual dan Futuristik. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats