PEMIKIRAN PENDIDIKAN ANAK ABDULLAH NASHI ULWAN (KAJIAN TERADAP RITUAL KATOBA)

Aris Armeth Daud Al Kahar

Abstract


Tulisan ini mengkaji pemikiran pendidikan anak Abdullah Nashi Ulwan dengan bahan kajian prosesi ritual katoba di Kabupaten Muna. katoba secara harfiah dapat diartikan sebagai penobatan, yaitu sebagai bentuk upacara adat islami pada masyarakat Muna yang disampaikan oleh imam (penutur) kepada anak/yang ditoba (objek tutur) yang hendak beranjak dewasa. Katoba merupakan salah satu ritual adat yang ditujukan kepada anak-anak yang berisi tentang perintah kebaikan dan juga larangan melaksanakan keburukan. Penelitian ini bertujuan mengungkap materi pendidikan anak Abdullah Nashi Ulwan dalam ritual katoba pada masyarakat Muna. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Mengambil lokasi penelitian di kabupaten Muna dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara kepada tokoh adat dan imam pelaksana katoba, observasi, dan dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat materi  pendidikan anak Nashih Ulwan dalam ritual katoba. Aspek-aspek pendidikan tersebut meliputi: pendidikan iman, pendidikan moral, pendidikan mental,  pendidikan fisik, pendidikan intelektual, pendidikan sosial dan pendidikan seks. makna tersebut didapat dari prosesi ungkapan dalam pelaksanaan ritual katoba


Keywords


Pendidikan Anak; Ritual Katoba

References


Andreas Putra, A. T., Sufiani, & Jahada. (2020). Transformasi Nilai Pendidikan Islam Anak di PAUD Sultan Qaimuddin Kendari Pada Masa Pandemic Covid 19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 79–90. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.8

Atabik, A., & Burhanuddin, A. (2015). Konsep nasih ulwan tentang pendidikan anak. Elementary, 3(2). https://doi.org/10.21043/elementary.v3i2.1454

Hayani, A., & Al Kahar, A. A. D. (2020). Problematic of Katoba Tradition : Study of Islamic Rituals in Muna Communities. Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities, 5(1), 81–97. https://doi.org/10.18326/mlt.v5i1.81-97

Iqbal, A. M. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Koentjaraningrat. (1992). Beberapa Pokok Antropologi Sosial. DIAN Rakyat.

Putra, A. T. A. (2016). Pemikiran Filosofis Pendidikan Ibnu Sina Dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam Kontemporer. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(2), 191. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(2).191-201

Putra, A. T. A., & Jahada, J. (2020). KONSEP PEMIKIRAN ISMAIL RAJI AL FARUQI (Dari Tauhid Menuju Integrasi Ilmu Pengetahuan di Lembaga Pendidikan). Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 20. https://doi.org/10.31332/zjpi.v6i1.1827

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Supriyanto dkk. (2009). Sejarah Kebudayaan Islam sulawesi

Tenggara. Kendari. Kantor Wilayah Departemen Agama Sulawesi Tenggara.

Surtiretna, N. (2001). Bimbingan Seksual bagi Remaja. Remaja Rosda Karya.

Tijani, A. (2009). Konsep Pendidikan Anak Sholeh Perspektif Abdullah NashihUlwan”.

Ulwan, A. N. (1981). Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam. In Asy Syifa’, jilid (Vol. 2).

Umar, B. (2012). Hadits Tarbawi. Pendidikan dalam Perspektif Hadis. Amzah.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats