PENGELOLAAN MAHASANTRI MA’HAD AL JAMI’AH IAIN KENDARI

Sitti Nurhalimah, Abdul Kadir

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan mahasantri Ma'had Al Jami'ah IAIN Kendari. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, tampilan dan pengungkit data. Pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan teknik penambahan pengamatan, ketekunan dan triangulasi (sumber, teknik dan waktu). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan mahasantri Ma'had Al Jami'ah IAIN Kendari meliputi beberapa hal: 1) orientasi mahasantri baru, 2) pengelompokkan mahasantri, 3) peraturan dan tata tertib mahasantri, 4) pembinaan mahasantri (Tahsinul qira'ah Al-Qur'an 'an, Tafsir, Hadis, Fiqih, Adab, Bahasa), 5) pengontrolan mahasantri, dan 6) evaluasi mahasantri.panutan dalam kegiatan pengelolaan mahasantri di Ma'had Al Jami'ah.


Keywords


Pengelolaan; Mahasantri; Ma'had Al Jami'ah

References


Alfath, K. (2020). Pendidikan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Journal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9(1), 125–164.

Arifin, A. H. Al. (2012). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praktik Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pengembangan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1), 72–82.

Asmita, Dola Erianjoni, E. (2019). Perilaku Konsumtif Mahasiswi dalam Mengikuti Trend Fashion Masa Kini (Studi Kasus: Mahasiswi Sosiologi FIS UNP). Jurnal Perspektif, 2(2), 91–96.

Astrini. (2011). Masa Orientasi Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru. HUMANIORA, 2(45), 452–458.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Basyit, A. (2018). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam. KORDINAT: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(33), 188–210. https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8102

Dakir, Zubaidi, A., & Hasanah, N. S. (2020). Membangun Inklusifitas Beragama Melalui Literasi Digital Di Ma’had Aly. Jurnal Islam Nusantara, 04(02), 258–269.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

Hafidah, & Makruf, I. (2020). Pengembangan Model Manajemen Ma’had Al-Jami’ah IAIN Surakarta. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 1–18. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v9i1.2357

Hamdan. (2018). Pengelolaan Santri di Sekolah Menengah Atas Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas Labuklinggau. Aligment: Journal of Administration and Educational Management, 1(2), 102–114.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Herlina. (2019). Implementasi Manajemen Kesantrian di Ma’had Al Jami’ah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Skripsi UIN Raden Intan Lampung.

Hidayat, W. (2018). Pengelolaan Koperasi Mahasiswa Ma’had Al Jami’ah IAIN Palangka Raya dalam Berwirausaha. Skripsi, IAIN Palangka Raya.

Hoerunisa, E., Wilodati, W., & Kosasih, A. (2018). Strategi Pihak Pesantren Dalam Mengatasi Santri Yang Melakukan Perilaku Menyimpang. Sosietas, 7(1), 323–328. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10344

Irawan, B., & Berlian, Z. (2020). Implementasi Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah di Palembang. Studia Manageria:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 149–164. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v2i2.4155

Jamil, Z. A. (2018). Evaluasi Manajemen Ma’had Al-Jami’ah Perguruan Tinggi Agama Islam. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(1), 2. DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v2i1.350

Juliawati, D., & Yandri, H. (2018). Prokrastinasi Akademik Mahasantri Ma’had Al Jami ’ ah IAIN Kerinci. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 19–26. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.26638/jfk.485.2099

Jumaeda, S. (2017). Ma’had al-Jamiah di Institut Agama Islam Negeri Ambon. Al-Iltizam, 2(1), 1–11.

Kasih, N. (2020). Pembinaan Ibadah Pada Mahasantri Putri Ma’had Al Jami’ah IAIN Pontianak. JRTIE: Journal of Research and Thought on Islamic Education, 3(2), 127–140. https://doi.org/https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i2.1848

Kemdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Meriza, I. (2018). Pengawasan (Controling) Dalam Institusi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 37–46.

Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106

Mundiri, A., & Nawiro, I. (2019). Ortodoksi Dan Heterodoksi Nilai-Nilai Di Pesantren: Studi Kasus Pada Perubahan Perilaku Santri Di Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif:Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 17(1), 1–18. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.527

Murtiono, R., & Irano, P. (2015). Pembuatan Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Kas Kecil Dengan Menggunakan Metode Dana Tetap. Jurnal Komputer Akuntansi, 11(2), 3.

Nur, M., Nurjanna, S., Kadir, A. A., & Kelibay, I. (2019). Implementasi Pengawasan dalam Perizinan Angkutan Laut di Dinas Kementrian Perhubungan Laut Kota Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(4), 45–57.

Pramono, D., Ristiono, H., & Bhakti, C. P. (2019). Model Program Pengenalan Kampus Untuk Mengembangkan Kesiapan Karis Mahasiswa. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 308–314.

Purwanto. (2017). Analisis Pengelolaan Retribusi Parkir di Kabupaten Kapuas. 2(2), 109–134.

Putri, A. R. (2019). Manajemen Peserta Didik di Pondok Pesantren Terpadu Ushuluddin, Penengahan Lampung Selatan. Skripsi UIN Raden Intan Lampung, 90.

Putri, H. H. (2020). Strategi Pengelola Ma’had Al- Jami’ah IAIN Kendari Dalam Meningkatkan Partisipasi Mahasantri Mengikuti Ta’lim Qur’an. Skripsi, IAIN Kendari.

Qodri, M. (2014). Pengelolaan Santri Pondok Pesantren As’Ad Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi. Al-Fiqrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 186–196.

Rahman, A., Hasibuah, L., & US, K. A. (2021). Pendidikan Islam Dan Perubahan Sosial Serta Pembangunan Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 168–179. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1

Rohmah, N., & Fatimah, D. F. (2016). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 247–273. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-05

Suharsimi, & Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. In Jakarta: Rineka Cipta. Rineka Cipta.

Supiah, & Paus, J. R. (2020). Strategi Pengembangan Kompetensi Mahasantriwati (Studi Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah Kampus 1 Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo). Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(2), 226–239. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i2.2471

Taruna, M. M. (2013). Kasus Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng , Jombang. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 11(April 2013), 245–257.

Ulum, M. B. (2017). Pengelolaan Kesiswaan Bidang Akademik Di Smk Negeri 1 Tuban. Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin-Fakultas Teknik UM.

Utomo, P. (2006). Memberi Bobot Arah Orientasi Pembinaan Mahasiswa. November, 1–8.

Yandri, H., & Istiqlal, A. (2017). Efektivitas Dirasah Pengembangan Diri Melalui Pelayanan Konseling dalam Membentuk Kecerdasan Emosi Mahasantri Ma’had Al Jami’ah IAIN Kerinci. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(01), 1–10.

Zakia, M. G. (2017). Sistem pengelompokan peserta didik di sekolah dasar negeri. Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1(3), 201–207.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats