NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN MASYARAKAT
Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan kegiatan keagamaan serta mengungkap nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan keagamaan masyarakat Kadolokatapi. Pendekatan penelitian mengunakan teologis normatif, pedagogis, sosiologis Data dikumpulkan melalui Instrumen yang digunakan peneliti sendiri sebagai instrumen kunci (Key Instrument), observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan keagamaan masyarakat Kadolokatapi tahun 2020. Data kemudian dianalisis berdasarkan kerangka analisis deduktif dan induktif. tehnik pengelolaan data melalui reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data berdasarkan sumber data, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwaada beberapa kegiatan keagamaan masyarakat yaitu yasinan rutin malam jum’at, dalam pelaksanaannya terbagi menjadi dua waktu dan lokasi. Tahlilan, pelaksanaannya tidak terikat oleh waktu kapan dan dimanapun namun sering dilakukan ketika ada masyarakat yang meninggal tujuannya untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal dunia. Memperingati hari besar islam (PHBI), seperti Maulid nabi Muhammad Saw, menyambut tahun baru islam, dan Halal bilhalal. Nilai nilai Pendidikan karakter yaitu nilai religius, nilai kerja keras, nilai bersahabat / komunikatif, nilai peduli sosial, nilai rasa ingin tahu, dan nilai cintah tanah air dan nilai disiplin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Imam Fu’adi, 2004, Menuju Kehidupan Sufi, PT Bina Ilmu, Jakarta
Kementrian Agama RI, 2002, Al-Kamil Al-quran dan terjemahnya, Darus Sunnah, Jakarta, h. 402
Kementrian Pendidikan Nasional, 2011, paduan pelaksanaan pendidikan karakter, Badan penelitian dan Pengembangan pusat kurikulum dan perbukuan, Jakarta
Kementerian Pendidikan Nasional, Kerangka Acuan Pendidikan Karakter, Kemendiknas ,Jakarta.
Kementrian Pendidikan Nasional,2010, Pengembangan Pendidikan Budayadan Karakter Bangsa, Badan penelitian dan pengembangan pusat kurikulum, Jakarta
Ma‟mur Asmani Jamal, 2011, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah , Diva Press, Jogjakarta
Muhaimin, 1989, Problematika Agama Dalam Kehidupan Manusia, Kalam Mulia, Jakarta
Muhaimin, 2012, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Remaja Rosdakarya, Bandung
Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603
Ulil Amri Syafri, M.A.,2014, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran,Rajawali Pers, Jakarta
Suranto AW, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Dalam Tayangan ”Mario Teguh Golden Ways” Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VI, Nomor 2, Oktober 2016, diunduh Pada Senin 03 Februari 2020
WJS., Purwadarminta, 1984, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka,1984) Jakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v8i1.3030
Copyright (c) 2022 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats