PENDEKATAN ANTROPOLOGI PADA PIIL PESENGGIRI MASYARAKAT ISLAM LAMPUNG PEPADUN

Diah Rizki Nur Kalifah, Nurul Hidayah

Abstract


Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan antropologi pada Piil Pesenggiri terhadap masyarakat Islam beradat suku Lampung Pepadun. Lampung memiliki dua suku yang berbeda yakni saibatin dan pepadun. Dalam kehidupan sehari-hari salah satu suku masyarakat Lampung yakni pepadun memiliki ciri khas  pada aktivitas hariannya seperti penggunaan bahasa sehari-hari yang berdialek O digunakan ketika berinteraksi dengan masyarakat lainnya. Selain bahasa terdapat pedoman hidup bagi masyarakat Lampung suku Pepadun untuk mengarahkan hidup agar lebih baik. Dalam falsafah hidup itu sendiri masyarakat Lampung menyebutnya dengan piil pesenggiri. Piil psenggiri berkaitan erat dengan rukun islam. Berdasarkan kajian yang dilakukan dalam mempelajari dan memahami kehidupan masyarakat dalam suatu daerah tertentu disebut sebagai antropologi. Dengan menggunakan pendekatan antropologi untuk memahami masyarakat Lampung yang beradat Pepadun pada Piil Pesenggiri maka dapat melihat fenomena yang terjadi pada praktek ajaran Islam, serta dengan pendekatan antropologi tersebut kajian ilmu agamanya dipelajari dengan komprehensif pada kebermaknaan kehidupan beragama di suatu masyarakat itu. Dalam hidup manusia nilai spiritual, nilai sosial, maupun nilai material telah dijabarkan yang dibagi-bagi pada sub-sub tertentu yang ada di Pi’il Pesenggiri menyatakan bahwa Al-Qur’an memberikan contoh sebagaimana perlakuan yang ada di hidup manusia agar melakukan sesuai perintahnya.

Kata Kunci: Antropologi, Piil Pesengiri, Pepadun.


Keywords


Antropologi; Piil Pesengiri; Pepadun

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin. 2006. “Islamic Studies Di Perguruan Tinggi Perguruan Integratif-Interkonektif.”

Arifin, Tajul. 2016. “Antropologi Hukum Islam.”

Febrianti, Riska. 2020. “Tradisi Pesta Lammang Desa Lantang Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar (Studi Unsur-Unsur Budaya Islam).”

Ghazali, Dede Ahmad, Heri Gunawan, and Engkus Kuswandi. 2015. “Studi Islam: Suatu Pengantar Dengan Pendekatan Interdisipliner.”

Irham, Muhammad Aqil. 2013. “Lembaga Perwatin Dan Kepunyimbangan Dalam Masyarakat Adat Lampung: Analisis Antropologis.” Analisis: Jurnal Studi Keislaman 13(1):155–72.

Langgulung, Hasan. 1980. Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Alma’arif.

Mahyudi, Dedi. 2016. “Pendekatan Antropologi Dan Sosiologi Dalam Studi Islam.” Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 2(2).

Maretha, Ria, Ali Imron, and Yustina Sri Ekwandari. 2019. “Intar Padang (Terang) Dalam Sistem Perkawinan Pada Masyarakat Pepadun Marga Suway Umpu Tulang Bawang.” PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah) 7(4).

Mudzhar, Atho. 1998. Pendekatan Studi Islam: Dalam Teori Dan Praktek. Pustaka Pelajar.

Nurdiansyah, Arie. 2016. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Budaya Lokal Piil Pesenggiri Di Masyarakat Desa Tanjung Agung Lampung Selatan.”

Prakoso, Abimanyu Satrio. 2020. “Nilai-Nilai Komunikasi Islam Dalam Falsafah Hidup Masyarakat Lampung.” Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 4(1):1–17.

Riyadi, Ivan. 2019. “Manajemen Pendidikan Bermuatan Antropologi, Agama Dan Sosial.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 17(2):301–16.

umi Rosidah, Feryani. 2011. “Pendekatan Antropologi Dalam Studi Agama.” Religio: Jurnal Studi Agama-Agama 1(1):23–32.

Siregar, Mustamar Iqbal. 2018. “Pendekatan Antropologi Dalam Pendidikan Islamuntuk Merawat Kemajemukan.” Aceh Anthropological Journal 2(1):27–53.

Suparno, Paul. 1997. “Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan.” Yogyakarta: Kanisius 12–16.

Syahputra, Muhammad Candra. 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Budaya Nengah Nyappur.” Jurnal PAI Raden Fatah 2(1):1–10.

Syam, Nur. 2007. Madzhab-Madzhab Antropologi. LKIS Pelangi Aksara.

Syarifah, Farisa, Iskandar Syah, and Suparman Arif. 2017. “Kayu Ara Pada Acara Begawi Adat Lampung Pepadun Buay Nyerupa Lampung Tengah.” PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah) 5(5).

Syukur, Abdul. 2002. “Peristiwa Lampung 1989.” Buletin Al-Turas 8(1):9–26.

Yusuf, Himyari. 2013a. “Dimensi Epistemologis Filsafat Hidup Piil Pesenggiri Dan Relevansinya Bagi Moralitas Islam.” Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Intan Lampung.

Yusuf, Himyari. 2013b. “Filsafat Kebudayaan, Strategi Pengembangan Kebudayaan Berbasis Kearifan Lokal.” Bandar Lampung: Harakindo Publishing.

Zaini, Inten Putri Resmi, Hermi Yanzi, and Yunisca Nurmalisa. 2018. “Peranan Tokoh Adat Terhadap Pelestarian Adat Pengangkonan Pada Masyarakat Lampung Pepadun.” Jurnal Kultur Demokrasi 5(11).




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v7i2.3116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats