EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIPP

Aris Try Andreas Putra, Rianti Zarita, Nurhafidah Nurhafidah

Abstract


Artikel ini akan membahas tentang evaluasi program pendidikan agama Islam dengan menggunakan model evaluasi CIPP.  Kajian penulisan artikel menggunakan kajian literature. Adapun hasil pembahasan adalah sebagai berikut: 1) Model CIPP (Context, Input, Proses, Product) adalah model evaluasi yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam dan kawan-kawan di Ohio State University. Keempat model evaluasi tersebut merupakan satu rangkaian yang utuh. Akan tetapi Stufflebeam mengatakan bahwa pelaksanaannya seorang evaluator tidak harus menggunakan keseluruhannya. Keunikan pada model-model tersebut adalah pada setiap tipe evaluasi terkait dengan perangkat pengambilan keputusan dan operasi sebuah program. 2) program pendidikan agama Islam dapat dievaluasi mengguanakan model CIPP, 3) dengan menggunakan evaluasi CIPP program pendidikan agama Islam dapat menunjukan beberapa aspek, yaitu sisi koonteks, input, proses dan produk.


Keywords


Evaluasi Program PAI; Model Evaluasi CIPP

Full Text:

PDF

References


Brinkerhoff, R. O. (1983). Program Evaluation A Practutioner’s Guide For Trainers and Educators. Boston: Kluwer Nijhoff Publishing.

Daniel L Stufflebeam, A. J. (2007). Evaluation Theory, Models, & Applications. San Francisco: Jossey-Bass.

Djaali, M. (2004). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana.

Egon G Guba, Y. S. (1983). Effective Evaluation, Improving the usefulness of Evaluation Results Through Responsive and Naturalistic Approaches . San Francisco: Jossey Bass Publishe.

Evaluation, J. C. (1994). The Program Evaluation Standard. California: Sage Publication.

George F. Madaus, M. S. (1985). Evaluation Model, Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Boston: Kluwer Nijhoff Publishing.

Leonora Layola Oriondo, E. M. (1998). Evaluating Educational Outcomes. Manila: Rex Book Store.

Musa, S. (2005). Evaluasi Program Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Y-Pin Indonesia.

Nasional, D. P. (2009). Evaluasi Program Sekolah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Norman E. Groundlund, R. L. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching. New York: MacMillan Publishing Company.

Popham, W. J. (1974). Educational Evaluation. New Jersey: Prentice Hall. Inc.

Popham, W. J. (1981). Modern Educational Evaluation. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Putra, A. T. (2012). Evaluasi Program Pendidikan:“Pedekatan Evaluasi Program Berorientasi Tujuan (Goal-Oriented Evaluation Approach: Ralph W. Tyler)”. Shautut Tarbiyah, 1.

Putra, A. T. (2016). Evaluation of Learning And Evaluation of Training. Langkawi, 176.

Rutman, L. (1984). Evaluation Research Methodology. New Delhi: Sage Publishing India PUT Ltd.

Suharsimi Arikunto, C. S. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparman M. Atwi, Z. A. (2004). Pendidikan Jarak Jauh Teori dan Praktek. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syah, M. (1995). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru . Jakarta.

Syah, M. (1995). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru . Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tasner, M. (1995). Planning and Conductioning Formative Evaluation. London: Kogan Page.

Tayibnapis, F. Y. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Thorndike R.L, E. H. (1991). Measurement and Evaluation in Psychology and Education. New York: MacMillan Publishing Company.

Toha, M. C. (1991). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v7i2.3459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats