RELEVANSI METODE PEMBELAJARAN IBNU KHALDUN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Rahmadika Nur Azizah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis relevansi dari metode pembelajaran Ibnu Khaldun dan PAI. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan data penelitian dikumpulkan menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Penelitian ini membahas tentang pentingnya metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar, yang mana harus dapat memenuhi kebutuhan peserta didik sesuai tugas belajarnya. Terlebih pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yang mana bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah swt serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Demi terciptanya tujuan pembelajaran pendidik harus memiliki kekreatifan dan inovasi dalam pembelajaran termasuk mengenai metode yang dapat memenuhi kebutuhan anak. Sebagaimana metode yang dikemukakan oleh Ibnu Khaldun yang dapat kita terapkan di kelas yaitu hafalan, diskusi, widya wisata, keteladanan, media pembelajaran, penerapan, pengulangan, kasih sayang, peninjauan kematangan usia, penyesuaian fisik dan psikis peserta didik, kesesuaian perkembangan potensi peserta didik, penguasaan satu bidang, praktik/ latihan, dan menghindari peringkasan buku.

Keywords


Metode Pembelajaran; Metode Pembelajaran Ibnu Khaldun; Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Ali, M. D. (1998). Kedudukan dan Pelaksanaan Hukum Islam dalam Negara Republik Indonesia. In C. H. Bisri, Hukum Islam dalam Tatanan Masyarakat Indonesia (pp. 1-24). Jakarta: Logos.

Azwardi. (2018). Metode Penelitian : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Budiarti. (2017). Konstruksi Penemuan Hukum Melalui Ijtihad (Vol. I). (Z. Musthafa, Ed.) Makassar: Yayasan Pendidikan Tompongpatu.

Falah, A. (2014). Konsep Pendidikan Anak Menurut Ibnu Khaldun (Studi Atas Kitab Muqaddimah). Thufula, 2 (1) .

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing.

Imam Mujtaba, D. R. (2021, Volume V, No. 1). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mempertahankan Student Wellbeing’s Kelas 2 Sd Lab School FIP UMJ. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD , 1-10.

Jauhari, M. I. (2020). Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun dan Relevansinya terhadap Pendidikan di Era Modern. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9 (1) .

Nasrullah, A. (2020). Pendidikan Karakter Preskpektif Ibnu Khaldun: Suatu Kebutuhan Generasi Milenial di Era Industri 4.0. Tafhim Al-‘Ilmi : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 12 (1) .

Nasution, M. K. (2017, Vol. 11, No. 1). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan , 10.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.

Sulaiman. (2017). METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) (Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran PAI). Banda Aceh: Yayasan PeNA.

Sulaiman. (2017). METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) (Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran PAI). Banda Aceh: Yayasan PeNA.

Wahyuni, I. (2016). Integrasi Sains dalam Materi Pembelajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam , 2 (1).

Zaman, B. (2020). Quantum Teaching dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 6 (2) .




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v8i1.3621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats