PENGEMBANGAN MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER (MOVIE MAKER DAN PPT)

Aris Try Andreas Putra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil media pembelajaran fiqh berbasis movie maker dan ppt yang telah dikembangkan, menciptakan produk dan meciptakan kevalidan serta keefektifan media berbasis movie maker dan ppt diterapkan dalam pembelajaran fiqh, dan mengetahui respons guru dan siswa terhadap media pembelajaran fiqh berbasis movie maker dan ppt yang telah dikembangkan. Desain yang digunakan adalah Desain Pengembangan Produk Model ADDIE. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 2 Konsel yang melibatkan 40 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran dengan PowerPoint yang dikembangkan sangat baik dan layak dipergunakan dilihat dari penilaian yang diberikan oleh ahli media pembelajaran memperoleh persentase total sebesar 92,5%, sedangkan ahli materi memperoleh persentase total sebesar 95,56% dan menurut siswa memperoleh persentase total sebesar 90,06%. 2) Pada pengujian terbatas diperoleh skor penilaian total sebesar 94,66%, Sementara itu pada uji luas memperoleh penilalian total sebesar 95%. 3) Uji coba penerapan media pembelajaran berbasis powerpoint dan video dilakukan dengan metode eksperimen, yaitu membandingkan hasil belajar siswa. Dari penelitian diperoleh data bahwa terdapat perbedaan rerata skor nilai antara kelas kontrol rerata nilai sebesar 75 sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 84. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan PowerPoint dan video ini efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 28,03%.

Keywords


Pengembangan Media Pembelajaran, Berbasis Komputer (Movie Maker dan PPT)

Full Text:

PDF

References


Anita, Sri. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka, 2010

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Asnawir dan basyiruddin Usman. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 2002

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Fauzan,Firman, Pengembangan modul Pembelajaran PAI Pokok Bahasan Al-Qur’an untuk SMP Kelas IX. Tesis, (Yogyakarta: PPS UIN Sunan Kalijaga, 2008)

Gerlanch, V.G., dan D.P. Ely. Teaching and Media. A. Systematic Approach United State of America: Prentice-Hill, Inc, Englewood Cliffs, 1980

Hackbarth, Steven, The Educational Technology Handbook, New Jersey: Educational Technology Publications, 1996.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011

Rivai, Ahmad dan Nana Sudjana. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algosindo, 2001

Setyosari, Punaji, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2015.

Syaodih, Nana. Metode Penelitian. Bandung: PT. Remajarosdakarya. 2007

Widodo Dwi Riyanto, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Di SD Muhammadiyah 1 Ngawi, Tesis (Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v6i1.3751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats