PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: UPAYA MEMAKNAI KERAGAMAN BAHASA DI INDONESIA

Imelda Wahyuni

Abstract


Sistem pendidikan di Indonesia membutuhkan model pendidikan multikultural bagi

masyarakat multikultural, yaitu Indonesia yang memiliki keragaman budaya. Pemerintah

telah melakukan usaha dalam mensosialisasikan konsep pendidikan multikultural sebelum

diterapkan sebagai model refresentatif dan relevan pada setiap jenjang pendidikan, namun

pada tatanan pemaknaan masih perlu mengkondisikan situasi keragaman dalam realitas

kehidupan masyarakat agar dapat menjadi tombak keberhasilan dalam pendidikan tersebut.

Salah satu bentuk keragaman itu adalah bahasa daerah yang tersebar di seluruh pelosok

nusantara. Tulisan ini menemukan bahwa pembiasaan sejak dini dalam menerima

perbedaan dapat diwujudkan dalam memaknai keragaman bahasa di Indonesia, dan Bahasa

Indonesia sebagai bahasa persatuan yang dapat merangkul keragaman, khususnya dalam

pelaksanaan pendidikan berbasis multikultural.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v1i1.402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Zawiyah



View My Stats