PENDEKATAN HERMENEUTIKA DALAM PEMIKIRAN TEORI FAZLUR RAHMAN TERHADAP TAFSIR AL-QUR’AN

Kharisma Romadhon

Abstract


Penelitian ini mencoba untuk mempelajari lebih lanjut tentang pendekatan hermeneutika pemikiran Fazlur Rahman tentang teori pendidikan Islam, dan untuk mengidentifikasikan biografi Fazlur Rahman serta karya-karyanya, serta tafsir al-Qur’an dalam perspektif hermeneutika. Penulisan ini menggunakan metode studi kepustakaan. Dari hasil/inti dari penulisan ini dapat ditemukan bahwa terdapat dua jenis hermeneutika Al-Qur'an yakni hermeneutika Al-Qur'an tradisional dan modern. Satu-satunya alat metodologis yang dipergunakan dalam hermeneutika Al-Qur'an tradisional adalah linguistik dan sejarah. Terlepas dari fakta bahwa elemen ini hadir pada saat itu, tidak ada hubungan sistematis antara teks, interpretasi, dan pembaca yang dituju dari teks tersebut. Sedangkan hermeneutika Al-Qur'an modern telah mengembangkan penjelasan metodis terhadap komponen-komponen triadik tersebut.


Keywords


pendekatan hermeneutika, teori Fazlur Rahman, tafsir Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Alhana, R. (2014). Menimbang Paradigma Hermeneutika dalam Menafsirkan Al-Qur’an. PT Revka Petra Media.

Fahmi, M. (2014). Pendidikan Islam Perspektif Fazlur Rahman. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2).

Fuady, M. N. (2015). Hermeneutika dalam Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(1).

Habibie, M. L. H. (2016). Hermeneutika dalam Kajian Islam. Jurnal Fikri, 1(1).

Kartikasari, D. (2019). Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Modern. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 17(2).

Khotimah. (2014). Pemikiran Fazlur Rahman tentang Pendidikan Islam. Jurnal Ushuluddin, 22(13).

Kurniawan, D. S. (2022). Pendekatan Hermeneutika dalam Studi Hadits (Teori A Double Movement Fazlur Rahman). Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4).

Prayitno, H., & Qodat, A. (2019). Konsep Pemikiran Fazlur Rahman tentang Modernisasi Pendidikan Islam dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Ak-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2).

Purkon, A. (2013). Pendekatan Hermeneutika dalam Kajian Hukum Islam. Jurnal Ahkam, 13(2).

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Sugianto. (2019). Hermeneutika: Metode dalam Memahami Hadits Perspektif Fazlur Rahman. Alfuad Journal, 3(2).

Sukron, M. (2016). Kajian Hermeneutika dalam ’Ulum Al-Qur’an. Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2).

Sumantri, R. A. (2013). Hermeneutika Al-Qur’an Fazlur Rahman Metode Tafsir Double Movement. Komunika: Jurnal Dakwah-Dakwah Dan Komunikasi, 7(1).

Supena, I. (2008). Desain Ilmu-Ilmu Keislaman dalam Pemikiran Hermeneutika Fazlur Rahman. Walisongo Press.

Tungkagi, D. Q. (2020). Al-Qur’an Perspektid Hermeneutika: Sebuah Tinjauan Kritis. academia.edu

Widodo, S. A. (2008). Metode Hermeneutika dalam Pendidikan. Jurnal Unisia, 31(70).

Zaprulkan. (2017). Teori Hermeneutika Al-Qur’an Fazlur Rahman. Jurnal Noura, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v9i1.5803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats