PENYEBARAN KELOMPOK ISLAM MODERAT DAN ISLAM PURITAN DI INDONESIA: KAJIAN KHALED ABOU EL FADL

Velida Apria Ningrum, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Artikel ini berusaha mengungkapkan persebaran kelompok Islam Moderat dan Islam Puritan di Indonesia menurut Khaled Abou el Fadl. Menurutnya, bahwa Islam moderat adalah mereka yang memahami agama dengan selalu mengedepankan prinsip-prinsip toleransi, santun, dan bisa mendahulukan kemaslahatan orang banyak. Sedangkan Islam puritan menggambarkan sekelompok umat Islam yang memiliki sistem kepercayaan absolut dan tanpa kompromi, yang cenderung murni dan tidak toleran terhadap sudut pandang lain, sebab mengutamakan pemahaman agama secara harfiah dan literal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kelompok islam moderat yang terdeteksi adalah seperti Nahdlatul Ulama’ (NU) dan Muhammadiyah, Adapun kelompok Islam puritan adalah Wahabi dan Salafi. Islam moderat yang dimaksudkan Khaled Abou el Fadl lebih bisa digunakan untuk mengatasi tantangan kontemporer dan menyebarkan Islam yang harmonis, sebab lebih mengedepankan dan menghargai hak asasi manusia dalam mewujudkan kemaslahatan bersama. Dan Islam puritan yang pergerakannya mengarah kepada ekstrimisme dan radikal, sehingga menjadikan masyarakat Muslim intoleran, dogmatik dan kaku melihat perkembangan peradaban sehingga menjadi sebab munculnya gerakan-gerakan dengan kekerasan, namun mengatasnamakan agama.

Keywords


Islam Moderat, Islam Puritan, Khaled Abou el Fadl

Full Text:

PDF

References


A. F., Y. (2017). Radikalisme, liberalisme dan terorisme: Pengaruhnya terhadap agama islam. Jurnal Studi Al-Qur’an, 1, 76–94.

Abdurrohman, A. A. (2018). Eksistensi islam moderat dalam perspektif Islam. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 14(1).

Abou El Fadl, K. (2002). Musyawarah buku: Menyusuri keindahan Islam dari kitab ke kitab. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Abou El Fadl, K. (2005a). The great theft: Wrestling Islam from the extremists (1st ed). New York, NY: HarperSanFrancisco.

Abou El Fadl, K. (2005b). The great theft: Wrestling Islam from the extremists. New York.

Adawiyah, R. (2018). Makna Islam Sebagai Agama Rahmatan Lil Alamin Perspektif Partai-Partai Islam Periode 2014-2019 (Studi terhadap Pernyataan Petinggi Partai Islam dalam Menanggapi Isu SARA). Jurnal Imtiyaz, 2(1), 15–33.

Andersen, J. C., & Sandberg, S. (2020). Islamic State propaganda: Between social movement framing and subcultural provocation. Terrorism and Political Violence, 32(7), 1506–1526.

Antwi‐Boateng, O. (2017). The rise of pan‐Islamic terrorism in Africa: A global security challenge. Politics & Policy, 45(2), 253–284.

Anhusadar, L. (2018). Potensi Radikalisme Islam Fundamental di Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Wakatobi. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 18(1), 23-40.

Arti kata moderat—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (t.t.). Diambil 18 Maret 2023, dari https://kbbi.web.id/moderat

Arti kata puritan—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (t.t.). Diambil 1 April 2023, dari https://kbbi.web.id/puritan

Azmi, N. (2015). PotensiEmosi Remaja dan Pengembangannya. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 36–46.

“Battling Islamic Puritans,” Los Angeles Times, Jan 2, 2002. (t.t.). Diambil 16 Maret 2023, dari Scholar of the House website: http://scholarofthehouse.stores.yahoo.net/batlosantimj.html

Bayu Fermadi. (2020). Moderat dan Puritan dalam Pemikiran Khaled Abou El Fadl. Jurnal Ilmiah Spiritualis: Jurnal Pemikiran Islam dan Tasawuf, 5(2), 182–194. https://doi.org/10.53429/spiritualis.v5i2.67

Bibliography of Dr. Abou El Fadl. (t.t.). Diambil 18 Maret 2023, dari http://www.scholarofthehouse.org/biofkhabelfa.html

Chalmers, I. (2017). Countering violent extremism in Indonesia: Bringing back the Jihadists. Asian Studies Review, 41(3), 331–351.

Doosje, B., Moghaddam, F. M., Kruglanski, A. W., De Wolf, A., Mann, L., & Feddes, A. R. (2016). Terrorism, radicalization and de-radicalization. Current Opinion in Psychology, 11, 79–84.

Endang, T., & Sihbudi, R. (2005). Islam dan Radikalisme di Indonesia.

Gumuruh, A. R., & Amrullah, F. (2021). MODERATION OF RELIGION AND STRENGTHENING OF DEMOCRACY (Islamic Moderation Values and Its Implementation in Pancasila Democracy). International Jurnal of Education Schoolars, 2(1), 41–52.

Hafid, W. (2011). Tipologi Islam Moderat dan Puritan: Pemikiran Khaled M. Abou El-Fadl. Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, 1(1).

Hassan, G. S. (2015). Radical Islam/Islamic Radicalism: Towards a Theoretical Framing. Canadian Journal of Sociology, 12, 1–4.

Hasyim, S. (2022). The Shadow of Neo-Hanbalism: The Idea of Islamic Extremism in Indonesia. Islamic Studies Review, 1(1), 67–94.

Heru, S. (2007). Islam Mazhab Tengah: Persembahan 70 Tahun Tarmizi Taher. Jakarta: Grafindo.

Hilmy, M. (2013a). The politics of retaliation: The backlash of radical Islamists to the deradicalization project in Indonesia. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 51(1), 129–158.

Hilmy, M. (2013b). Whither Indonesia’s Islamic moderatism?; a reexamination on the moderate vision of Muhammadiyah and NU. Journal of Indonesian Islam, 7(1), 24–48.

Kasaro, G. (2019). Religion as an instrument of oppression: A thematic analysis of ‘Allah is not obliged,’‘the poor christ of bomba’and ‘arrow of God.

Larsson, G. (2016). “One cannot doubt the potential effect of these fatwas on modern Muslim society.” 1 Online Accusations of Disbelief and Apostasy: The Internet as an Arena for Sunni and Shia Muslim Conflicts. Studies in Religion/Sciences Religieuses, 45(2), 201–221.

Lumbangaol, D. (2021). The Journey of Indonesia Foreign Policy and Recommendations in Responding Global Terrorism and Radicalism. Journal of Government and Political Issues, 1(2), 108–117.

Madali, E. (2021). Reformisme Hukum: Pengamalan Agama Perspektif Salafi Wahabi. JURNAL RES JUSTITIA: JURNAL ILMU HUKUM, 1(1).

Maghfuri, A. (2019). Countering Conservative-Radical Understanding By Mainstreaming Moderat Islam and the Role of Educational Institution in Indonesia. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 3(1), 1–14.

Mujibuddin, M., & Riza, M. F. (2022). Variety of Political Expressions: Study of Khilafatism Discourse on Islamic Salafi Websites in Indonesia. Al Qalam, 39(2), 132–149.

Mulia M, A. B., Jaiz, M., & Burhanudin, B. (2018). TEROR SARINAH DALAM KARYA FOTO ADITIA NOVIANSYAH (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Visualisasi Teror Majalah Tempo Edisi 14 Januari 2016).

Mun’im, A. R. Z. (2018). Islam Puritan VS Islam Moderat (Menapak Gagasan Khaled Abou el Fadl dalam The Great Thefl: Wrestling Islam from Extremists). AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 5(2), 225–244. https://doi.org/10.33650/at-turas.v5i2.434

Nur, M. (2013). Problem Terminologi Moderat dan Puritan dalam Pemikiran Khaled Abou El-Fadl. Kalimah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 11(1), 83–100.

Polizzi, D., & Polizzi, D. (2021). Beyond Who Is Killing Whom. Toward a Phenomenology of Terrorism: Beyond Who is Killing Whom, 245–255.

Puritanism | Definition, History, Beliefs, & Facts | Britannica. (t.t.). Diambil 1 April 2023, dari https://www.britannica.com/topic/Puritanism

Qomar, M. (2012). Fajar baru Islam Indonesia: Kajian komprehensif atas arah sejarah dan dinamika intelektual Islam Nusantara (Cet. 1). Ujungberung, Bandung: Mizan: Didistribusikan oleh Mizan Media Utama.

Rahanar, A. K., & Gultom, E. R. (2023). PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA TERORISME DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN PENAL DAN NON PENAL. PALAR (Pakuan Law review), 9(1), 14–25.

Roby, A. F., & Muhid, A. (2022). Pendidikan karakter siswa pondok pesantren dalam upaya mencegah radikalisme: Literature riview. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum dan Pendidikan, 7(1), 1–1.

Rubaidi, A. (2008). Radikalisme Islam, Nahdlatul Ulama & masa depan moderatisme Islam di Indonesia. Logung Pustaka.

Rusli, R. (2009). Gagasan Khaled Abu Fadl Tentang “Islam Moderat Versus Islam Puritan: Perspektif Sosiologi Pengetahuan. 8(1), 99–123.

Sabirin, R. (2004). Islam dan Radikalisme. Yogyakarta: Ar-Rasyid.

Schäfer, S. (2019). Democratic Decline in Indonesia: The Role of Religious Authorities. Pacific Affairs, 92(2), 235–255.

Sinani, B. (2022). Post-Salafism: Religious revisionism in contemporary Saudi Arabia. Religions, 13(4), 340.

Sodikin, A., & Maarif, M. A. (2021). Penerapan Nilai Islam Moderat Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi. Edukasi, 19(2), 188–203.

Suhandary, D. (2019). Moderat Dan Puritan Dalam Islam: Telaah Metode Hermeneutika Khaled M. Abou El Fadl. Indonesian Journal of Islamic Theology and Philosophy, 1(1), 19–44.

Suharto, T. (2017). Indonesianisasi islam: Penguatan islam moderat dalam lembaga pendidikan islam di indonesia. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 17(1), 155–178.

Suharto, T. (2018). Transnational Islamic education in Indonesia: An ideological perspective. Contemporary Islam, 12(2), 101–122.

Syafi’i Mufid, A. (2011). Perkembangan Paham Keagamaan Transnasional Indonesia. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Jakarta.

Syamsudin, M. H. (2021). Titik “Temu Fundamentalisme, Radikalisme, dan Terorisme Gerakan Jamaah Islamiyah (JI)(Studi Kasus Bom Bali I). Jurnal Pemikiran Politik Islam, 4(2).

Syed, J. (2016). Targeted killings in Bangladesh: Diversity at stake. The Huffington Post.

Teplesky, J. M. (2016). Salafi Jihadism: A 1,400-Year-Old Idea Rises Again. US Army School for Advanced Military Studies Fort Leavenworth United States.

W. Arnold, T. (1985). Sejarah Dakwah Islam, terj.A. Nawawi Rambe. Jakarta: Widjaya.

Wahid, A. (2006). Islamku Islam Anda Islam Kita: Agama Masyarakat Negara Demokrasi. The Wahid Institute.

Zahroh, A. (2004). Tradisi Intelektual NU: Lajnah Bahtsul Masa’il. Yogyakarta: LKiS.

Zainuri, A. (2020). Narasi perdamaian membangun keharmonisan antar pemeluk agama di Indonesia. CV Prabu Dua Satu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v9i2.6491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats