THOMAS KUHN'S SCIENTIFIC REVOLUTION PARADIGM AND ITS RELEVANCE TO ISLAMIC STUDIES

Rifqi Haryanto, Paryanto Paryanto

Abstract


Pandangan epistemologi Thomas Kuhn telah mengktitik secara mendasar terhadap landasan epistemologi konvensional. Hal ini lah yang menjadi dasar mengkaji pemikiran Thomas Kuhn tentang revolusi ilmiah dan relevansinya terhadap pendidikan islam penting dilakukan. Gagasan revolusi ilmiah Thomas Kuhn memiliki perbedaan yang mendasar jika dilihat dari karakteristik pandangan filosofis dan sejarahnya yang unik dan distinktif, yakni terdapat upaya adaptif dalam perkembangan sejarah keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana pemikiran paradigma revolusi ilmiah Thomas Kuhn serta relevansinya terhadap studi keislaman. Pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengen metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dengan mempertimbangkan dan mengumpulkan serta menyimpulkan literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Gagasan paradigma revolusi ilmiah Kuhn berpendapat bahwa perkembangan ilmu pengetahuan berlangsung secara revolutif dari paradigma lama ke paradigma baru dengan tahapan-tahapan meliputi : paradigma I, normal science, anomalo krisis, revolusi ilmiah, paradigma II. Dalam tahapan revolusi ilmiah tersebut kunci utamanya adalah metodologi. Dalam konteks perkembangan studi keislaman, metodologi dalam memahami ajaran islam akan mengalami revolusi menyesuaikan dengan perkembangan zaman.


Keywords


Paradigma Thomas Kuhn, Revolusi Ilmu, Studi Keislaman.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, M. (2003). Dialektika hukum Islam & perubahan sosial: sebuah refleksi sosiologis atas pemikiran Ibn Qayyim al-Jauziyyah. Muhammadiyah University Press, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Abdullah, M. A. (1998). Preliminary Remarks on the Philosophy of Islamic Religious Science. In Al-Jami’ah (Vol. 61, pp. 1–26).

Abubakar, S. (2020). Paradigma Paradigma Pengembangan Ilmu Pengetahuan Thomas S. Kuhn dan Relevansinya dengan Kajian Keislaman. Al-Ittihad: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 6(1).

Bridgwater, W. (1963). The Columbia Encyclopedia.

Digarizki, I., & Al Anang, A. (2020). Epistemologi Thomas S. Kuhn: kajian teori pergeseran paradigma dan revolusi ilmiah. Jurnal Humanitas, 7(1), 23–34.

Effendi, R. (2020). Revolusi Ilmiah Thomas Kuhn: Perubahan Paradigma dan Implikasi dalam Bangunan Ilmu Keislaman. Majalah Ilmu Pengetahuan Dan Pemikiran Keagamaan Tajdid, 23(1), 47–61.

Farid, E. K. (2021). Paradigma dan revolusi ilmiah Thomas S. Kuhn serta relevansinya dalam ilmu-ilmu keislaman. Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 19(1), 81–100.

Fauzi, A. U. F., Syauqi, M. L., & Suharsiwi, F. A. (2022). Scientific Integration At Islamic Higher Education In Indonesia. Journal of Positive School Psychology, 6(8), 5960–5976. https://journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/10867%0Ahttps://journalppw.com/index.php/jpsp/article/download/10867/7017

Kesuma, U., & Hidayat, A. W. (2020). Pemikiran Thomas S. Kuhn Teori Revolusi Paradigma. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 166–187.

Kuhn, T. S. (2012). The structure of scientific revolutions. University of Chicago press.

Muallifah, M., Samosir, K., & Said, H. A. (2022). Metodologi Tafsir Modern - Kontemporer di Indonesia. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 5(2), 302–314. https://doi.org/10.58518/alfurqon.v5i2.1401

Putri, F. A., & Iskandar, W. (2020). Paradigma thomas kuhn: revolusi ilmu pengetahuan dan pendidikan. Nizhamiyah, 10(2).

Ritzer, G. (2004). Sosiologi Pengetahuan Berparadigma Ganda, terj. Alimandan, cet. 5. Rajawali Press, Jakarta.

Sahbana, M. D. R. (2022). Epistimologi paradigma Dan revolusi ilmu pengetahuan Thomas Kuhn. Kanz Philosophia: A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism, 8(1), 31–48.

Sudrajat, S., Ma’ruf, H. M., Sudrajat, A., & Damayanti, S. N. (2019). Epistemologi Thomas S. Kuhn dan Munculnya Ilmu Pengetahuan Sosial. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 6(1), 25–45.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. In Alfabeta.

Sujud, F. A. (2022). Kritis Islam Adalah Agaama Sempurna. 5(3), 196–205.

Taufiqurrahman, T., Endarto, B., Indriastuty, D. E., Abadi, S., Bayuaji, R., Alam, A. S., Kusnadi, S. A., Kurniawan, W., Endarti, E. W., &

Prasetyo, I. (2021). Paradigmatic Perspective Of Indonesian Arbitration Law Reform. Journal of Legal, Ethical and Regulatory Issues, 24(6), 1–10.

Ulya, I., & Abid, N. (2015). Pemikiran Thomas Kuhn dan relevansinya terhadap keilmuan Islam. Institut Agama Islam Negeri Kudus.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v9i2.6904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats