ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH PADA MASA PANDEMI

Herman Herman, Hasan Basri

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis aktualisasi pembelajaran dan kesulitan yang dialami oleh guru dan peserta didik pada implementasi pendidikan agama islam di madrasah. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk memperoleh pemahaman tentang kesulitan pembelajaran pendidikan agama islam di madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan interaktif model dengan langkah-langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan pembelajaran PAI di madrasah kota kendari (MIN 1, MTsN 1 dan MAN 1) dilakukan secara sinkronus dan asinkronus dengan menggunakan berbagai macam aplikasi belajar seperti whatsApp, zoom meeting, google meet, google form dan e-learning; kedua, bentuk kesulitan yang dialami oleh guru yaitu sulitnya menyampaikan materi melalui daring dengan waktu yang terbatas (sinkronus) selain itu guru kesulitan dalam melakukan penilaian secara online (sinkronus/asinkronus); adapun kesulitan yang dialami oleh siswa yaitu jaringan internet yang tidak stabil, paket data yang tidak ada dan sulitnya memahami penjelasan guru (pembelajaran sinkronus).

Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Sinkronus dan Asinkronus


Full Text:

PDF

References


Albitar, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1).

Ali, S. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2).

Creswell, J. W. (2015). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1).

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1).

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Miles, Matthew B. dan Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI-Press.

Nata, A. (2018). Pendidikan Islam Di Era Milenial. Jurnal: Pendidikan IslamBerbasis E-Learning, 18(1).

Nusroh, S., & Ahsani, E. L. F. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 71–92. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i2.891

Oktafi, I., & Siti, W. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3).

Rahman, S. F., & Ariyanto, Darojat, M. (2020). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Islam Nurussalam Al-Khoir Mojolaban Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020.

Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis Learning and Inovation Skills Mahasiswa PAI Melalui Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Conciencia, 19(2).

Sadikin, H. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2).

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Suherman, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Tasikmalaya.

Syaharuddin, S. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19.

Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1).

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1).

Wahyu, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1).

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. . . Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v9i2.8007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats