HARMONISASI KONSEP PSIKOLOGI ISLAM DAN BARAT: SUATU PERBANDINGAN DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM

Hadiansah Hadiansah, Meli Fauziah, Izzuddin Musthafa, Ateng Rohendi

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisa potensi harmonisasi konsep psikologi Islam dan Barat dalam konteks implementasi pendidikan islam. Perubahan dinamis dalam dunia pendidikan menuntut pemahaman yang lebih mendalam terhadap aspek psikologis peserta didik, baik dari perspektif islam maupun Barat. Dalam upaya menggabungkan kedua tradisi tersebut, artikel ini mencari keselarsaan konsep-konsep psikologis, menyoroti perbedaan esensial, serta mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam menciptakan pendekatan yang seimbang. Melalui pendekatan kualitatif, artikel ini membahas bagaimana perbedaan pandangan budaya dan agama dapat mempengaruhi proses harmonisasi. Di samping itu, artikel ini memberikan contoh konkret implementasi metode yang mengintegrasikan elemen-elemen psikologi islam dan Barat dalam pembelajaran. Pentingnya harmonisasi ini untuk mencapai pendidikan yang holistik dan seimbang menjadi sorotan utama, dengan fokus pada pengembangan aspek mental, emosional, dan spiritual siswa. Dengan mendalamnya analisis konsep-konsep psikologi kedua tradisi, artikel ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana integrasi harmonis dapat meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Kesimpulan artikel menggarsisbawahi pentingnya menciptakan lingkungan pendidikan yang memadukan nilai-nilai psikologi Islam dan Barat guna mendukung perkembangan individu secara menyeluruh. Implikasi praktis dari harmonisasi ini diharapkan dapat membentuk dasar bagi pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang relevan dan efektif dalam menghadapi dinamika zaman

Keywords


Psikologi, Islam, Barat, Harmonisasi

Full Text:

PDF

References


Hadziq, H.A.F. (2021) ‘Konsep Psikologi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. Dr. Zakiah Daradjat’, Study Pendidikan, 7(1), pp. 107–128.

Mustafa (2007) ‘Perbedaan Pendidikan Islam dan Pendidikan Barat dari Sudut Pandang Metodologi Keilmuan’, Iqra’, 3, pp. 27–37.

Madkur, A. A. (2001). Manahij al Tarbiyah: Asasuha Wa Tathbiqotuha . Kairo: Dar al-fikr al-arabiy.

Rassool, G.H. (2023) Islāmic Psychology: the Basics, IslĀmic Psychology: The Basics. Available at: https://doi.org/10.4324/9781003312956.

Rothman, A. (2021) Developing a model of Islamic psychology and psychotherapy: Islamic theology and contemporary understandings of psychology, Developing a Model of Islamic Psychology and Psychotherapy: Islamic Theology and Contemporary Understandings of Psychology. Routledge. Available at: https://doi.org/10.4324/9781003104377.

Najati, M. U. (1985). Al-Quran wa Ilmu al nafs (terjemahan, Rafi'i Usman). Bandung: Pustaka.

Wahid, A. et al. (2022) ‘Dialektika konsep dasar Psikologi Islam dan Barat’, Journal of Islamic Education and Innovation, 3(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6026. (Najati, 1985)

Zakaria, M. (2017) ‘Integrasi Psikologi dengan Konsep Pendidikan Islam (Paedagogik Kritis)’, Ta’dib, 15(2), pp. 54–71.

Zubaedi (2015) ‘Dengan Psikologi Islami (Menuju Rekonstruksi Psikologi Islami)’, Nuansa, VIII (1), pp. 81–88.

Zuhdiyah, Shofiah, V., Afifah, S., Reza, I. F., Yudiani, E., Setiawan, K. C., . . . Hidayat, I. N. (2023). Bunga Rampai: Integrasi Psikologi Islam. Palembang: UIN RAden Fatah Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v10i1.8623

Copyright (c) 2024 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats