PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DALAM KERAGAMAN DI SEKOLAH KAB. BUTON UTARA

Aliwar Aliwar, Aris Nur Qadar Arrazak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk, pertama, mengetahui implementasi kurikulum moderasi beragama di Sekolah. Kedua, untuk mengetahui strategi sekolah dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik di Kabupaten Buton Utara. Ketiga, mengetahui sikap moderasi beragama siswa di tengah-tengah keragaman di Sekolah Kabupaten Buton Utara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui hasil wawancara, catatan lapangan, foto, video tape, dokumentasi pribadi, catatan, atau memo dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Implementasi kurikulum moderasi beragama di sekolah Kab. Buton Utara masih dalam bentuk konsep pengetahuan yang terpisah-pisah dalam mata pelajaran tertentu, belum menjadi satu konsep pengetahuan yang utuh dalam satu bidang pengetahuan khusus. Kedua, Strategi sekolah di Buton Utara dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik, dilakukan dengan berbagai pendekatan, yaitu: 1) menghadirkan sosok guru teladan, 2) Sekolah   memberikan perlakukaun kesempatan dan layanan pembelajaran kepada semua peserta didik tanpa membedakan asal suku dan agamanya, 3) penguatan nilai-nilai moderasi beragama melalui pengembangan program ekstra kurikuler, dan 4) penguatan sikap moderasi beragama, melalui perayaan hari-hari besar keagamaan. Ketiga, walaupun kurikulum moderasi beragama hanya dalam bentuk pembelajaran yang terpisah-pisah melalui Pendidikan Agama dan Pendidikan Pancasila, tetapi kenyataannya sikap moderasi beragama peserta didik di Buton Utara sangat baik dan sangat positif.

Keywords


Pendidikan; Moderasi Beragama; Keragaman

References


Adib, Helen Sabera, Djemari Mardapi, Zamroni Zamroni, and Adam Jait. 2019. “Evaluation of Islam Education Teachers Training Implementation.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

Akhmadi, Agus. 2019, Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia, Jurnal Diklat Keagamaan, Vol 13. No. 2.

Anasri, Fazrin., Konsep KeEsaan Tuhan dalam Kitab-Kitab Agama Samawi (Kajian Perbandingan Kitab al-Qur’an dan Bibel) Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan tafsir, Vol. 5. No 1. 2021

Dede Rosyada, 2007, Paradigma Pendidikan Demokratis, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Elkind, David H, and Freddy Sweet. 1997. “The Socratic Approach to Character Education.” Educational Leadership 54(8): 56–59.

Fahrudin. (2019). Pentingnya Moderasi Beragama bagi Penyuluh Agama. Republika.

Hamid, Abdul. 2016. “Pendidikan Karakter Presfektif Filsofis.” Al-Fitrah 10(1).

Indonesia, Republik. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sekretariat Jenderal MPR RI, 2002

Kusuma, Dony. 2004. “Nilai-Nilai Karakter Pendidikan Bangsa.” Bandung: Alfhabeta.

Kuswanto, Edi. 2014. Peranan Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam. Vol. 6, No. 2, 194-220.

Mas’ud, A. (2018). Strategi Moderasi Antarumat Beragama. jakarta: Kompas.

Musa, Asyári'. 2004. Pendidikan Multikultural dan Konflik bangsa, Yogyakarta:http://kompas.com.

Noor, Tajuddin. “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003.” Wahana Karya Ilmiah Pendidikan 3, no. 01 (2018).

Shihab, M Quraish. 2002. “Tafsir Al-Misbah.” Jakarta: lentera hati 2.

Subhan, Fauti. 2013. “konsep pendidikan karakter anak dalam islam: studi atas pemikiran abdullah nashih ulwan.” Penelitian Individu.

Sukiman, 2015, Pengembangan. Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syafaruddin, dkk, (2017), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama.

Syafiuddin, Muhammad. 2018. “pendidikan karakter dalam perspektif filsafat pancasila (Studi Pemikiran Bung Karno).”

Wahab Syakhrani, Abdul. 2020. “the balance concepts of education based on islam perspective.” IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v10i1.8630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats