EPISTEMOLOGI ISLAM ZIAUDDIN SARDAR DAN RELEVANSINYA BAGI INTERNATIONAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL (IIBS

Dian Tsuroya Patria Ummah, Moh. Aldi Fitrah, Sayyidah Maliihah Izzah, Helmi Syaifuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan konsep pemikiran Ziauddin Sardar mengenai epistemologi islam dan penerapannya pada pondok pesantren internasional atau yang biasa dikenal dengan International Islamic Boarding School (IIBS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ziauddin Sardar merupakan seorang pemikir muslim terkemuka yang memiliki pandangan bahwa Epistemologi islam merupakan integrasi antara ilmu pengetahuan dan Islam dengan langkah membangun kaidah dan ilmu-ilmu Islam. Dia menawarkan 10 konsep yang menurutnya mampu menjadikan epistemologi Islam menjadi lebih baik dan maju. 10 konsep tersebut adalah sebagai berikut: tauhid, khilafa, ibadah, al-‘ilm, halal, haram, al-‘adl, zulm, istislah, dan dhiya’. Pemikiran Ziauddin Sardar kemudian dapat ditemukan relevansinya dalam Lembaga pendidikan International Islamic Boarding School (IIBS) terutama dalam penerapan konsep epistemologi Islam dalam pengembangan kurikulum dan manajemennya

Keywords


Epistemologi Islam; Islamic Boarding School; Ziauddin Sardar

References


Akbar, M. (2022). Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Tinjauan Epistemologi dan Implementasi). JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 3(4), 296–312.

Anwar, S., Samawita, A. N., Kamil, B. M., Nisa, L., & Amini, L. Z. M. (2020). Konsep Islamisasi Ilmu Pengetahuan Perspektif Ziaudin Sardar.

Arbi, A., Herlina, H., Syarifuddin, S., Hanafi, I., Dewi, E., & Anwar, A. (2023). WHEN RELIGION APPROACHES SCIENCE; An Interpretation of Ziauddin Sardar’s Integrative Islamic Education Thought. Jurnal Ushuluddin, 31(2), 203. https://doi.org/10.24014/jush.v31i2.26682

Efendi, A., & Bueraheng, I. (2023). International Islamic Boarding School Strategy for Realizing Superior Islamic Boarding School Management. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 21(1), 80–92.

Fauzan, M., & M, A. (2024). Integrasi Agama dan Sains dalam Perspektif Ziaudin Sardar Solusif- Sintesisnya terhadap Problematika Pendidikan Islam. Journal on Education, 06(02).

Fuady, F., & Raha Bistara. (2022). Pengilmuan Islam Ziauddin Sardar Dan Relevansinya Bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Di Indonesia. Academic Journal of Islamic Principles and Philosophy, 3(1), 41–64. https://doi.org/10.22515/ajipp.v3i1.4937

Ihsan, M. T. (2023). Ziauddin Sardar: Membangun Epistemologi Islam. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(2), 204–214.

Ma’zum, N. D. U., Erlinda, F., & Syaifuddin, H. (2021). Praktik Ekonomi Syariah Dalam Konsep Pemikiran Ziauddin Sardar. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 5(2), 196. https://doi.org/10.35448/jiec.v5i2.10073

Muhidin, I. (2023). Joint Madrasah System Dan Implementasi Integrasi Sains Dan Islam Dalam Sistem Pendidikan Islam Di Singapura. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Muslih, M., & Perdana, M. P. (2023). Ziauddin Sardar dan Sains Islam Kontempore. Laksbang Akademika.

Salman, S., Deprizon, D., & Wahyuni, S. (2023). Membangun Epistemology Islam Menurut Ziauddin Sardar. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 181–195.

Sardar, Z. (1991). Rekayasa Masa Depan Peradaban Muslim. Dalam the Future of Muslim Civilisation. Penerbit Mizan.

Sari, M. F., Amril, A., & Dewi, E. (2024). INTEGRASI AGAMA DAN SAINS DALAM PERSPEKTIF ZIAUDDIN SARDAR. JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 2(3), 352–361.

Suja, A., Huda, M., Hidayat, A. F. S., & Annas, A. (2023). Pembelajaran berbasis Multiple Intelligence Melalui Budaya Sekolah di Thursina International Islamic Boarding School (IIBS) Malang. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 4(1), 1–18.

Susiyani, A. S. (2017). Manajemen boarding school dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Jurnal pendidikan madrasah, 2(2), 327–347.

Syafe’i, I. (2017). Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61–82.

Wiwaha, K. S. (2018). EPISTIMOLOGI PARADIGMA ISLAM: Religious: Jurnal Studi Agama- Agama dan Lintas Budaya, 3(1), 70–79.

Wiyono, D. F. (2021). Curriculum Development Strategic Management Model Islamic International Boarding School (IIBS) in Thursina IIBS Malang. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 121–142.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v10i1.9468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats