MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM DAKWAH JAMAAH TABLIGH (Studi Kasus di Pesantren Kasyiful ‘Ulum Kendari )

Angki Firmansyah

Abstract


Sejak tahun 2009, Pondok Pesantren Salafiyah Kasyiful ‘Ulum Kendari mulai berdiri dan didalam kurikulum pesantrennya menyelenggarakan Program Dakwah metode Jamaah Tabligh. Masuknya program dakwah Jamaah Tabligh dalam pembelajaran pesantren, secara tidak langsung cukup berpengaruh dalam pengalokasian waktu ketika menyusun jadwal pembelajaran; antara pembelajaran dakwah dengan kajian kitab klasik. Keadaan ini tentu perlu untuk dikaji lebih jauh, agar ke depan pada masing-masing pesantren dapat mengelola kurikulum dengan selalu menjaga sinergitas antara kewajiban melaksanakan pembelajaran dakwah dengan kajian keagamaan berupa pengajian kitab; yaitu bagaimana manajemen kurikulum dan usaha menata-kelola kurikulum pada Pondok Pesantren Salafiyah Kasyiful Ulum



DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v4i2.998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Angki Firmansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats