Reader Comments

Sebelum Mencari Pantai Indrayanti Gunung Kidul Ketahui Ini Dulu

by Holley Dennys (2020-05-23)


pantai indrayanti Sesuai dengan namanya, Wediombo mempunyai (pantai) pasir yang cukup luas. Sesuai namanya, Pantai Sepanjang memiliki hamparan pasir pantai yang sangat jenjang dan kedua ujungnya dibatasi oleh batu karang yang luas. Pantai tersebut adalah Pantai Drini, pantai yang indah dengan gugusan karang di bagian pinggirnya. Suatu saat, entah bagaimana caranya, permukaan laut turun dan daratan naik, sehingga jadilah area yang disebut Gunung Kidul ini. Tempat sampah, meski bagi sebagian orang tempat sampah tidak diperhitungkan sebagai fasilitas yang tersedia, namun keberadaannya sangat penting, anda bisa bayangkan jika kondisi pantai slili dipenuhi dengan sampah? Jika anda mau mengabadikan momen berfoto, di sebelah timur pantai Baron saja disediakan beberapa gardu pandang untuk berfoto.

Sepanjang, pantai Drini dan pantai lainya yang tak kalah indahnya.

pantai di gunung kidul Cukup berbeda dengan Pantai lain yang ada di Gunung Kidul, di Pantai Nglambor Anda bisa mencoba aktifitas snorkeling. Kabupaten Gunungkidul sangat dikenal dengan keindahan pantainya yang berpasir putih, salah satu pantai yang bisa sobat temukan di Gunung Kidul adalah Pantai Indrayanti, pantai yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat istimewa sangat menenangkan banyak wisatawan yang datang dan menghabiskan masa liburan di sana, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari bermain air, bermain di pantai hingga kemping. Sedangkan, bagian timur terkenal dengan bagian yang tenang. Sampai di sana yang dicari pertama adalah penginapan. Banyak objek wisata pantai di Yogyakarta contohnya obyek wisata Pantai Baron,Pantai Kukup, Pantai Krakal, pantai Sundak, pantai Siung, pantai Indrayanti,pantai Sepanjang, pantai Drini dan pantai lainya yang tak kalah indahnya. Setelah melewati Jembatan kali oyo kami masih mengalami medan yang menanjak menuju Gunung kidul, Pantai pertama tujuan kami adalah pantai Sadeng. Rantau Baron berlokasi di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Pongsu Kidul, Yogyakarta. Wisata pantai siung gunung kidul ini tepatnya ada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Guningkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Satu diantara yang istimewa merupakan wisata alamnya yang dikelola dengan cantik oleh pemerintah kawasan. Naik ke menara harus ekstra hati-hati karena cukup curam dan licin, tapi tenang saja pengorbanan tersebut akan terganti dengan pemandangan barisan bukit karst yang memanjang di utara pantai. Namun tidak dengan masyarakat di Gunung Kidul. Harga yang cukup bersahabat jika dibandingan dengan pesonanya. Wah, ternyata ikannya banyak sekali! Selain tersebut lokasi objek wisata Pantai Siung itu tidak terlalu jauh dari pusat puri. Dengan adanya keterlibatan dari pihak swasta yang ikut mengelola pantai ini, maka pantai ini masih sangat terjaga kebersihannya.



Dari bukit inilah bisa memandang secara luas keindahan Pantai Drini dari berbagai sisi. Seperti Payung Pantai Rp.20.000/ampe puas, Sewa Gazebo Rp.30.000/ampe muntah & Sewa Jetski Rp.250.000/20 menit dan toilet bagi Anda yang membutuhkan. Di sini akan nampak sudut keindahan Pantai Drini yang luar biasa. Di selatan area Bantul ini berderet beberapa pantai secara memiliki keindahan dan kekhasan masing-masing, satwa salah satunya adalah Pantai Goa Arun. Namun, pantai ini memiliki pesona tersendiri, seperti bukit yang panjang nan hijau di sudut pantai, air yang jernih, batu karang yang unik, ombak yang tenang serta semilir angin sejuk. Pas saya lihat, diantara karang dan alga, ada ikan-ikan kecil dan kepiting imut yang sedang main-main :D.



Barangkali itu dulu daftar pantai-pantai di Gunung Kidul yang bisa saya rekomendasikan. Karena lingkungan tersebut, suku setempat kemudian berinisiatif untuk membangun "Omah Salak" untuk menstimulasi kembali semangat para petani dan reaksi pembeli. Untuk pantai yang satu ini, belum terlalu terjamah oleh banyak wisatawan. Kembali melanjutkan coretan perjalanan 7 pantai 3 candi bersama si kecil (kilik disini…), Pantai ke 3 di kawasan wisata Gunung kidul yang kami kunjungi yaitu Pantai Sepanjang. Berangkat dari bantul sekitar pukul 08.00 WIB rombongan menuju Imogiri, jalur yang dilalui melewati daerah Dlingo yang kultur alamnya sangat pegunungan yang beliku-liku. Kalau kamu tidak berani naik gondola ataupun jembatan gantung, maka keindahan Pantai Timang yang lain pun bisa dinikmati. Menara tinggi yang menyelampai di dekat kaki gunung, untuk dapat datang ke menara kamu harus melalui tangga berbatu di sisi timur pantai.



View matahari terbenam di pantai ini sangat cantik dan jelas, sehingga direkomendasikan untuk mengunjunginya di sore hari. Bahkan setiap menjelang liburan atau hari libur, pantai ini selalu dipadati pengunjung. Hal ini karena memang airnya benar jernih, bahkan kedalaman pantai ini kira-kira satu meter saja pada bagian tepinya. Pamor Baron berasal atas seorang tokoh Belanda bernama Baron Sekeber, Baron adalah seorang bangsawan Belanda beserta ilmu kesaktian utama, ia bahkan dapat melawan Panembahan Senopati pendiri Kesultanan Mataram. Dengan eksotisme yang khas, serta karakterisik bangunan yang unik dan berbeda dari pantai di Gunung Kidul pada umumnya. Buat Bro n Sist secara menyukai suasana tersekat, sangat cocok buat mengunjungi pantai tersebut. Suasana pantainya sedang sepi sehingga terasa hening dan nyaman, tenang, tenteram layaknya berada pada sebuah private beach.