Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 5 Kendari

Wa Ode Syamsinar Nadia

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan penilaian autentik berbasis kurikulum 2013 pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini berkenaan dengan perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, dan pelaporan penilaian autentik berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan penilaian autentik dilaksanakan melalui beberapa tahapan yakni dengan menetapkan indikator pencapaian kompetensi, menetapkan kriteria penilaian, membuat instrumen penilaian, menetapkan bobot nilai, dan menetapkan rumus penentuan nilai akhir. Pelaksanaan penilaian kompetensi sikap menggunakan penilaian observasi maupun penilaian jurnal dan terkait kompetensi pengetahuan, guru menggunakan bentuk penilaian tes tertulis, tes lisan, dan penilaian penugasan sedangkan dalam sektor kompetensi keterampilan, guru melaksanakan penilaian kinerja. Dalam proses pelaporan penilaian dianalisis sesuai dengan pedoman penskoran dan dituliskan secara deskriptif naratif selain skor meskipun prosedur pelaporan penilaian dalam kompetensi sikap belum sesuai dengan pedoman penilaian revisi kurikulum 2013 dan pelaporan penilaian kompetensi pengetahuan maupun kompetensi keterampilan dilaksanakan sesuai dengan tuntutan kurikulum.

                              


Keywords


Perencanaan Penilaian, Pelaksanaan Penilaian, Pelaporan Penilaian Autentik

References


Anderson, W. Lorin dan Karthwohl, R. Davis, 2010, Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Bloom, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, John W, 2008, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Edisi ke-3, Bandung: Pustaka Pelajar.

Denise Whitelock, 2001, Course design for online learning: What’s gone wrong. In J. Stephenson (Ed.), Teaching and learning online: Pedagogies for new technologies, London, England: Kogan Page.

Douglas Brown, 2004, Languange Assessment: Principles and Classroom Practices, New York:Pearson Education.

Mulyasa, E, 2012, Manajemen PendidikanKarakter, Cet. 2; Jakarta: Bumi Aksara.

John W. Creswell, 2008, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, , Edisi 3; Bandung: Pustaka Pelajar.

Kementerian Agama RI, 2010, Al-Qur’an dan terjemahannya Edisi yang Disempurnakannya, Jilid 1; Jakarta: Lentera Abadi.

Kunandar, 2013, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru, PT. Rajawali Pers: Jakarta.

------------------, 2014, Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013, Edisi Revisi, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Kuniarsih, Imas dan Sani, Berlin, 2014, Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan, Surabaya: Kata Pena.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Nurgiyantoro, Burhan, 2011, Penilaian Autentik, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pantiwati, Yuni, Hakekat Asesmen Autentik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Biologi: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains,Volume 1 Nomor 1.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas IV, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sunarti dan Rahmawati, Selly, Penilaian dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah Penilaian Pembelajaran, Edisi 1; Cet.1; Yogyakarta: Media Pressindo.

Yusuf, Muri, 2015 Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan, Edisi 1; Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v5i1.1222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats