Al-'Adl, IAIN, Kendari, Jurnal, Ilmu Hukum Islam, Hukum, Ilmu, Hukum, Pranata Sosial, Pranata, Sosial

2015

Vol. 8 No. 2, Juli 2015


Segala puji bagi Allah SWT. Tuhan semesta alam. Atas berkah, rahmat, dan hidayah-Nya penulisan jurnal al-Adl studi ilmu hukum Islam dan pranata sosial kembali terbit dalam edisi terbaru. Shalawat beserta salam semoga Tuhan limpahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW., beserta keluarga dan para sahabatnya hingga akhir zaman.

Jurnal ini, memuat berbagai ragam tema dan pendekatan yang diwacanakan sesuai dengan basis keilmuan yang dikuasai oleh masing-masing dosen, terutama di Fakultas Syariah. Jurnal dan artikel yang ada di tangan anda ini merupakan formulasi ilmiah tentang kajian ilmu hukum dan sosio-keislaman yang ditinjau dari aspek normative dan sosiologis. Sebagian tulisan dalam jurnal ini merupakan hasil studi ilmu-ilmu berbasis pada hukum Islam positif dan sosio keagamaan dalam merespon pemikiran hukum Islam saat ini. Jika dari awal ditelaah maka berbagai perkembangan baru akibat perubahan sosial yang menjurus pada pergeseran wacana ilmu-ilmu hukum baik Islam maupun umum, maka jurnal ini bermaksud untuk memperlihatkan watak hukum, hitam putih dalam realitas yang sebenarnya. Pada Vol. 8 No. 2, Juli 2015, Jurnal Al-‘Adl secara kronologis diawali dengan tulisan Asnaini dengan judul Optimalisasi Zakat Dalam Ekonomi Islam (Studi Terhadap Sumber Zakat Dan Pengembangannya Di Indonesia), kemudian disusul Hj. Asni dengan judul Etika Hakim Dalam Dinamika Masyarakat Kontemporer : Perspektif Peradilan Islam, Ashadi L. Diab dengan judul Dinamika Pekiran Hukum Islam Di Indonesia Dan Tantangannya, Muhammad Hasdin Has dengan judul Kajian Filsafat Hukum Islam Dalam Al-Quran, Deity Yuningsih dengan judul Eksistensi Perkawinan Beda Agama Berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 68/PUU-XII/2014 Dari Perspektifundang-Undang Perkawinan, Kamaruddin Jafar dengan judul Restorative Justice Atas Diversi Dalam Penanganan Juvenile Deliquency (Anak Berkonflik Hukum), Mohdar Yanlua Peluang Peradilan Agama Mengadili Perkara Pidana Tertentu, Layyin Mahfiana dengan judul Perempuan Dan Diskriminasi (Studi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Penghapusan Diskriminasi Terhadap Perempuan), Mahruddin dengan judul Nilai-Nilai Hukum Dalam Undang-Undang Murtabat Tujuh Buton, Muh. Kasim dengan judul Pelaksanaan Rehabilitasi Dan Tuntutan Ganti Rugi Dalam Tindak Pidana Korupsi, dan terakhir tulisan Ipandang Tanggungjawab Manusia Terhadap Al Maslahat (Kajian Ushul Fiqhi).

Akhirnya saya mengucapkan terima kasih pada penerbit Fakultas Syariah IAIN Kendari atas kesediaannya untuk menerbitkan jurnal ini. Kami berharap jurnal ini dapat memberikan sumbangan pemikiran hukum Islam dan sosial keagamaan, terutama mereka yang bersungguh-sungguh membaca dan menelaah tulisan-tulisan dalam jurnal ini. maksud baik dalam jurnal ini dapat menjadi amal saleh yang diterima oleh Allah SWT. Amin.

Selamat membaca.

Kendari, Juli 2015

Redaktur

Table of Contents

Articles

Asnaini Asnaini
1-17
Asni Asni
18-36
Ashadi L Diab
37-56
Muhammad Hasdin Has
57-69
Deity Yuningsih
70-80
Kamaruddin Jafar
81-101
Mohdar Yanlua
102-109
Layyin Mahfiana
110-122
Mahrudin Mahrudin
123-139
M. Kasim
140-162
Ipandang Ipandang
163-182