Pembelajaran Bahasa Yang Sesuai Dengan Perkembangan Anak

Sitti Fauziah M.

Abstract


Anak mengkomunikasikan kebutuhan, pikiran, dan perasaannya melalui bahasa dengan kata-kata yang bermakna unik. Kemampuan anak memahami bahasa sebagian besar terbatas pada pandangannya sendiri. Dengan kata lain, anak memiliki keterbatasan bahasa dalam memahami bahasa dari sudut pandang orang lain. Meningkatnya perkembangan bahasa anak terjadi sebagai hasil perkembangan fungsi simbolis. Perkembangan simbol bahasa pada anak sangat berpengaruh terhadap kemampuan anak untuk belajar memahami bahasa dari pandangan orang lain dan meningkatkan kemampuannya untuk memecahkan persoalan.Anak-anak memiliki karakteristik perkembangan fisik dan psikologis yang khas. Oleh karena itu, guru harus mampu mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak tersebut. Pembelajaran hendaknya berorientasi pada kebutuhan anak. Anak usia sekolah sedang membutuhkan pengembangan fisik dan psikhis (kognitif, bahasa, fisik/motorik, sosial emosional dan seni) secara optimal. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran bahasa, rancangan pembelajaran disesuaikan dengan taraf perkembangan anak. Jika kegiatan pembelajaran bahasa tidak dikaitkan dengan faktor-faktor perkembangan, anak-anak akan mengalami kegagalan dan frustasi. Kelas yang berpusat pada anak menawarkan kesempatan bagi keberhasilan bukan kefrustrasian. Akan tetapi tim pengajar tidak akan membuat semuanya mudah bagi semua anak, para guru menyesuaikan kegiatan pembelajaran yang menantang bagi setiap tingkat perkembangan anak.

Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa, Perkembangan Anak

 


Full Text:

PDF

References


Bredekamp, Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age Eight (Washington, DC: National Assosiation for the Education of Young Children, 1987), p. 2

Bromley, KD. Language Arts: Exploring Connections (Boston: Allyn and Bacon, 1992), p. 2

Brown, R.O., A First Language: The Early Stages (Cambridge, MA: Harvard University Press, 1973), p.330

Cohen, D and Stern, V., Observing and Recording The Behavior of Young Children (NY: Teachers College Press, 1974), p. 5

Indra Djati Sidi. 2004. Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional), h. 5

Kenny Dewi Juwita, I Gusti Nyoman Sanjaya, dan Enda E. Ginting, Menciptakan Kelas yang Berpusat pada Anak (Washington, DC:Children’s Resources International, Inc., 2000), p. 106

Menyuk, Paula. 1988. Language Development: Knowledge and Use. (Glenview, dll: Scott, Foreman and Company), h.121

Morrow, Lesley Mendel, Literacy Development in the Early Years (Boston: Allyn and Bacon, 1993), p. 85

Nurbiana Dhieni, Metode Pengembangan Bahasa (Pusat Penerbitan Universitas Terbuka , 2005), p. 115

Setia Bangun, Teaching English to Young Learners (Makalah disampaikan pada seminar Internasional FEFLIN, Surabaya, 22-24, 2002), p.5

Vygotsky, L., Thought and Language (Massachussetts: The MIT Press, 1986), p. 24


Refbacks

  • There are currently no refbacks.