Analisa Aktivitas Fandom Mobile Legend Indonesia Dalam Membangun Struktur Komoditas Baru (Studi Tentang Media Baru)

Rivi Handayani

Abstract


Penelitian ini bermaksud mengeksplorasi aktivitas fans pada Fandom Mobile Legend Indonesia Dalam Membentuk Struktur komoditas baru. Menggunakan metode kualitatif, penelitian ini tidak sekadar meneliti aktivitas fans  yang telah membentuk struktur komoditas baru, namun juga meneliti bagaimana dinamika fans dalam lingkup fandom Mobile Legend serta pada titik mana orientasi mereka dari sekedar fans biasa menjadi produsen. Dengan teori ekonomi budaya fandom dari Jhon Fiske dan budaya partisipatif dari Henry Jenkins ditemukan bahwa Fans MLBB memanfaatkan fandom untuk mengumpulkan pengetahuan budaya. Pengetahuan tersebut selanjutnya menjadi sarana untuk membangun identitas dan meraih prestise fans didalam komunitas mereka sendiri. Begitu prestise dan identitas terbangun, pengetahuan budaya berubah menjadi komoditas baru dan masuk dalam struktur ekonomi.

 

Kata Kunci: Fandom, Mobile Legend, Komoditas Baru, Media Baru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.