PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 1 KOLAKA

St Nomah Ali

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui realitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis, (2) mengetahui problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadis dan (3) mengetahui solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 1 Kolaka.

Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kolaka dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu informan kunci adalah kepala sekolah, guru Al-Qur’an hadis dan siswa selanjutnya menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran di MTsN 1 Kolaka sudah dilaksanakan sesuai tujuan yang diharapkan. Problematika yang ada dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadis di MTsN 1 Kolaka diantaranya adalah siswa kurang mampu dalam membaca Al-Qur’an  sesuai dengan  kaidah ilmu tajwid karena latar belakang lulusan siswa yang heterogen, belum diadakan penataran bagi guru Al-Qur’an Hadis dan sarana/ alat pembelajaran yang masih terbatas. Solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur'an Hadis di   MTsN 1 Kolaka diantaranya adalah dengan mengadakan kebijakan program Qur’anisasi artinya berusaha menciptakan madrasah yang Qur’ani seperti pada kegiatan Qiroati dan tadarus bagi seluruh siswa,  diadakan  diklat  cara  membaca  dan  mengajarkan  Al-Qur’an  dengan baik dan benar, serta pihak sekolah telah memprogramkan penambahan perangkat/sarana dan prasarana pembelajaran.


Keywords


problematic dan pembelajaran al-Quran Hadis

References


DAFTAR PUSTAKA

Aan Komariah & Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kopetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya: 2008.

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran, Bandung: Ros dakarya, 2014.

Anwar Yusuf. Syaiful Tayar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.

Ahsin W. Al-Hafidz, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an, Jakarta, Bumi Aksara, 1994.

Ali yasir, Metode Tafsir Alqur’an Praktis, Yogyakarta: Yayasan PIRL, t.t.

B.Uno, Hamzah, Perencanaan Pembelajaran, Cet. V, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Basrowi & Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Creswell Jhon W., (Penerjemah Achmad Fawaid), Research Design Qualitative, Quantitative an Mixed Methods Approaches, Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemah, Semarang : Toha Putra, 2002.

Debdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia , Jakarta : Bulan Bintang, 2002.

Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 2006.

________, Belajar dan Pembelajaran , Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Departemen Agama, Standar Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Depag RI, Metode-Metode Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Umum, Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1997.

Departemen Agama, Standar Kompetensi, Jakarta: 2004.

Dirjen Pembinaan dan kelembagaan Agama Islam, Kurikulum Pendidikan Dasar Berciri khas Agama Islam (GBPP MI), Jakarta, 1996.

Debdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia , Jakarta : Bulan Bintang, 2002.

Departemen Agama RI, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Depag, 2006.

Departemen Agama RI., Kurikulum 2006, Pedoman Umum Pengembangan Silabus Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2006.

E.Mulyasa, Manajamen Berbasis Sekolah, Bandung, Remaja Rosdakarya: 2004.

Gempur Santoso, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Jakarta: prestasi Pustaka, 2005.

http://ekowati52.wordpress.com/2008/08/11/PAIKEM.diunduh 04 Agusutus 2017

Hasan Basri, Penentuan Penyusunan Rencana Pembelajaran dan Penulisan Skripsi Bidang Ilmu Agama, Bandung: Ulil Albab Press, 1997.

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung; Remaja Rosda Karya, 2001.

Muhaimin, Abd. Ghofir dan Nur Ali Rahman, Strategi Belajar Mengajar,Penerapan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama, Surabaya: CV. Citra Media, 1996.

Martinis Yamin, Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Cet. IV, Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.

Moch. Idochi Anwar, Kepemimpinan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Angkasa,1987.

Moh. Uzer Usman dan Lilis Setiawati, Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung :Rosdakarya, 2003.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Rosdakarya, 1997.

Muhaimin, Abd. Ghofir dan Nur Ali Rahman, Strategi Belajar Mengajar, Penerapan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama, Surabaya: CV. Citra Media, 1996.

M. Burhan Bungin, Penelitian kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana, 2008

Muhaimin, Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama, 1994.

¬_______, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Citra Media. 1996.

_______, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Manna Khalil al-Qattan, Mabahist fi ulum al-Qur’an, diterjemahkan oleh Muzdakkir As dalam “Studi Ilmu-Ilmu Al Qur’an”, Jakarta: Litera Antar Nusa, 1987.

M. Idris A. Shomad, Al-Qur’an Sebagai Wahyu Ilahi Dalam Jurnal Kajian Islam Al-Insan, Nomor I Vol. I, Januari 2005.

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologis Proses Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2005.

Oemar Hamalik, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Bandung: Bumi Aksara, 2002.

_______, Kurik ulum dan Pembelajaran , Jakarta: Bina Aks ara, 1995.

Pemerintah RI,Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun (2003). Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika: 2003.

Peraturan Menteri Agama No. 2 Tahun , Jakarta, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R dan D, Bandung : Alfabeta, 2007.

_______, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet, 2010.

¬¬¬¬

Sampurna K, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Cipta Karya, 2003.

Syukir, Dasar-dasar Strategi Dak wah Islami , Surabaya : Al-Ikhlas , 1983.

Sumadi Suryabata, Proses Belajar Mengajar Di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Andi Offset, 1989.

Tim Reality. Kamus Terbaru Bahasa Indonesia. Surabaya: Reality Publisher, 2008.

Tim Badan Litbang dan Diklat Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, Tafsir al-Qur’an Tematik: Al-Qur’an dan Pemberdayaan Kaum Duafa, diterbitkan oleh Departemen Agama RI, 2008, h. xii.

Tilaar, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional, Jakarta: Tera Indonesia, 2001.

Tim Bina Karya, Bina Belajar Al-Qur’an Hadits untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Jakarta. Erlangga, 2009.

Wina Sanjaya, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana, 2006.

________, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Zakiyah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v4i2.1082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 St Nomah Ali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Office: Gedung Pascasarjana Lt.2,Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga, Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Kode Pos: 93116. email: zawiyah@iainkendari.ac.id; zawiyahkendari@gmail.com.


Web
Analytics