Umpan Balik: Refleksi Penguasaan Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Imelda Wahyuni

Abstract


Kajian ini membahas tentang umpan balik dalam pembelajaran bahasa Arab pada Perguruan tinggi Keagaman Islam di kota Kendari. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yaitu; aktivitas pemberian umpan balik dosen, respon penerimaan umpan balik mahasiswa dan dampak aktivitas umpan balik bagi dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Keagmaan Islam di Kota Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bercorak penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan paedagogik, psikologis, dan sosial. Pengumpulan data menggunakan teknik kusioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: pengumpulan, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Teknik analisis dilakukan melalui analisis kualitatif dan kuantitatif deskriptif, sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Penelitian ini menemukan, pertama; pemberian umpan balik dosen dilakukan dalam ragam aktivitas, yaitu aktivitas pra umpan balik, aktivitas umpan balik pada masa pembelajaran, aktivitas umpan balik berbasis teknik dan waktu, dan aktivitas pendukung umpan balik. Kedua, respon penerimaan mahasiswa terhadap umpan balik berdasarkan waktu dan tempat tertentu, yaitu penerimaan pada saat berlangsungnya pembelajaran dan penerimaan yang terjadi di luar jam pelajaran. Penerimaan umpan balik dalam format tertentu, yaitu bentuk tertulis, bentuk verbal dan bentuk visual. Ketiga, dampak umpan balik bagi mahasiswa adalah mahasiswa mereduksi kekeliruan saat masa pembelajaran Bahasa Arab dan mempermudah mahasiswa untuk memperbaiki kekeliruan. Dampak umpan balik bagi dosen adalah kemudahan dalam memahami dan mengenali profil mahasiswa melalui analisa catatan perkembangan mahasiswa dalam kegiatan berbahasa Arab.

 

                              


Keywords


Umpan Balik, Pembelajaran Bahasa Arab, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

References


Arbuthnott, Katherine D., and Gregory P. Krätzig. "Effective teaching: Sensory Learning Styles versus General Memory Processes." Comprehensive Psychology 4, 2015.

Aridah. The Efficacy of Different Types of Written Feedback on Writing Performance of EFL Students with Different Learning Strategies”. Proceeding Teaching and Learning English in Indonesia: Future Trends and Approaches. t.tp.: Tesol Asia, 2016.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Asmawi, Adelina. dkk.. “A Model of Critical Peer Feedback to Facilitate Business English Writing in Online Context”. Proceeding Teaching and Learning English in Indonesia: Future Trends and Approaches. t.tp: Tesol Asia, 2016.

Barry, Kevin. dan Len King. Beginning Teaching and Beyond (Third Edition). Katomba New South Wales: Social Science Press, 2002.

Brick, Jean. Academic Culture: A Student’s Guide to Studying at University. Sydney NSW: NCELTR Macquarie University, 2006.

Chaudron, Craig. "Evaluating Writing: Effects of Feedback on Revision." (1983), literature online pada https://eric.ed.gov/?id=ED227706 diakses pada tanggal 11 Oktober 2018

Ellis, Rod. “Corrective Feedback: Pedagogical and Theoretical Perspective”. Proceeding Teaching and Learning English in Indonesia: Future Trends and Approaches. t.tp.: Tesol Asia, 2016.

Good, T. dan D. Grows. “Teaching Effectiveness in Foutrh Grade Classroom” in G.D. Borich. The Appraisal of Teaching: Concept and Process. Reading, MA: Addison-Wesley, 1997.

Hattie, J. dan H. Timperley, “The Power of Feedback”, Review of Educational Research Vol. 77 No.2, 2007.

Hettie, J. dan H. Timperley. “The Fower of Feedback” dalam Review of Educational Research 77 (2). 2007. Hettie, J. Visible Learning: A Synthesis of Meta-Analyses Relating to Achievement. New York: Rotledge, 2009.

Lochtman, Katja "Oral corrective feedback in the foreign language classroom: How it affects interaction in analytic foreign language teaching." International Journal of Educational Research 37.3-4, 2002.

Mackey, Alison, Susan Gass, and Kim McDonough. "How do learners perceive interactional feedback?." Studies in second language acquisition 22.4, 2000.

Maharani, Anak Agung Putri. dan Luh Ketut Sri Widhiasih. “Respon Siswa Terhadap Umpan Balik Guru Saat Pelajaran Bahasa Inggris di SD Saraswati 5 Denpasar”. Jurnal Bakti Saraswati Vol. 05 No.02 September 2016. Diakses melalui http://lppm.unmas.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/88-92-AA-Putri-Maharani_Unmas.pdf.

Muhsin, Muh. Arief. dan Ika Sastrawati. “Pengaruh Teacher Feedback Terhadap Kemampuan Murid dalam Pembelajaran Writing”, Jurnal Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Vol. 2 No. 2, 2015. diakses melalui http://journal.unismuh.ac.id/index.php/konfiks/article/download/427/376.

Mulu, Beti. Pembelajaran Bahasa Arab: Teori, Desain Materi, Metode, dan Media. Cet. I; Kendari: LPSK Quantum, 2011.

Nicol, D.. “Develoving the Students’Ability to Construck Feedback”, Article presented at QAA Enhancement Themes Conference, Heriot-Watt University, March 2011

R. Day (Ed.), Communicate to Learning, Newbury House, Rowley, MA.

Rosenthal, R. On the Social Psychology of the Self-Fulfilling Prophecy: Futher Evidance for Pygmalion Effect and Their Mediating Mechanism. NeW York: MSS Modular, 1974.

Silverius, Suke. Evaluasi Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo, 1991.

Stern dalam B. Harley, P. Allen, J. Cummins, M. Swain (Eds.), Improve Second Language Competence, Cambridge University Press, New York.

Tim Penulis, Kamus Indonesia-Arab Lengakap Online, diakses melalui http://kamuslengkap.com/kamus/indonesia-arab/arti-kata/komentar.

Vardi, I. “The Relationship between Feedback and Change in Tertiary Student Writing in The Diciplines”, International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 20 (3), 2009.

Vardi, Iris. Effective Feedback for Student Learning in Higher Education. Milperra New South Wales Ausralia: HERDSA Inc., 2012.

Wahyuni, Imelda. “Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Asing pada STAIN Sultan Qaimuddin Kendari”. Disertasi. UIN Makassar, 2014.

Wichener, John “Evidence in Support of Written Corrective Feedback”, Journal of Second Language Writing Volume 17 Issue 2, 2008.

Wiersma, William. Research Method in Education Fifth Edition. Needham Heights, MA: Division of Simon and Schuster Inc., 1991.

Wikipedia, Institut Agama Islam Negeri Kendari, diakses melalui https://id.m.wikipedia.org/wiki/Institut_Agama_Islam_Negeri_Kendari pada tanggal 2 Agustus 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v5i1.1222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats