Reader Comments

Rental Mobil Bali Lepas Kunci

by Rental Mobil Bali Lepas Kunci (2019-09-01)

In response to 5 Tips For Constructing A Profession In Sap

Rental mobil Bali lepas kunci - Direktur Kerjasama untuk Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan Marolop Nainggolan berpendapat bahwa produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM) memiliki potensi untuk meningkatkan ekspor Indonesia.

"Ada peluang besar untuk mengekspor produk-produk UKM. Namun, sayangnya, para wirausahawan kami kurang percaya diri," kata Nainggolan dalam sebuah lokakarya tentang perluasan pasar produk Indonesia melalui e-commerce yang diadakan di Malang, Jawa Timur, pada hari Rabu.

Kementerian telah menawarkan pelatihan bagi pengusaha kecil dan menengah untuk mendorong mereka memperluas skala bisnis dan pasar mereka.

Produk makanan dan minuman dan kerajinan tangan adalah beberapa produk UKM yang berpotensi meningkatkan pasar ekspor.

"Tentu saja, pengusaha di Malang telah mengalami bagaimana UKM dapat diandalkan untuk menembus pasar luar negeri," tegas Marolop.

Pada 2019, menteri telah menggariskan target untuk meningkatkan ekspor menjadi US $ 175 miliar, atau naik 7,5 persen dari yang dicatat pada 2018.

Pemerintah tidak dapat memenuhi target pertumbuhan ekspor yang ditetapkan sebesar 11 persen pada 2018, hanya berhasil mencatat pertumbuhan 6,7 persen karena ketidakpastian dalam ekonomi global.

"Target ekspor harus dicapai. Potensi produk-produk UKM (untuk meningkatkan ekspor) sangat besar, seperti yang kita alami bahwa UKM telah menjadi tulang punggung perekonomian kita selama krisis," tegasnya.