MANAJEMEN PELAYANAN MASJID BAHTERAMAS KOTA KENDARI

Evi Hudria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses manajemen pelayanan di Masjid Bahteramas, dari aspek pelayanan kepada jamaah dan kendala yang dihadapi dalam pelayanan. Data dikumulkan melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Data disajikan setelah dilakukan reduksi dan verifikasi serta pengecekan keabsahan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pelayanan kepada jamaah di Masjid Bahteramas Kota Kendari cukup baik sehingga dapat memberikan kenyamanan terutama tempat dan peralatan shalat dan tempat wudhunya bersih serta tersedia kajian rutin. Untuk mempererat hubungan sesama jamaah dan pengurus, setiap selesai shalat jum’at diadakan makan bersama. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelayanan kepada jamaah adalah di antaranya sebagian layanan masih tergantung dengan pendanaan dan pengaturan dari pihak rumah sakit sehingga mengurangi kemandirian pengurus dalam melakukan inovasi dan pengembangan.

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya.

Afrizal, Mafari. “Penerapan Fungsi Pengorganisasian dalam Pelayanan Ibadah pada Jamaah Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau”. Skripsi. Riau, 2014

An-Nawawi, Imam. Syarah Shahih Muslim. Jakarta: Pustaka Azzam, 2011

AS, Moenir, H. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara 2008

Atoner, James A. F. & R. Edward Freeman, Daniel R. Gilbert, JR, Management, Sixth Edition, New Jersey: Prentice Hall, 1995

Ayub, Muhammad E. Manajemen Masjid. Jakarta: Gema Insane Press, 1996

Hidayant, Aisyah Nur. Masjid Sebagai Pusat Pengembagan Masyarakat. Malang: UIN MALIKI PRESS, 2010.

Nana Rukamana D.W., Masjid dan Dakwah. Jakarta: Al Mawardi Prima, 2002

Nasution. Metode Research.Yogyakarta : Bumi Aksara, 1996

Roqib, Moh. Menggugat Fungsi Edukasi Masjid. Purwokerto: STAIN Purwokerto Press, 2005

Sarwoto. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta : Ghalia Indonesia, 1988

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al- Misbah (Pesan, kesan dan keserasianal-Qur’an). Jakarta: Penerbit Lentera, 2002

Subianto, Ahmad. Pedoman Manajemen Masjid. Jakarta : ICMI Orsat Cempaka Putih, 2004

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alphabeta, 2005

Ayub, Moh. E. Mukhsin MK, Ramlan Marjoned, Manajemen Masjid Petunjuk Praktis bagi Para Pengurus. Jakarta: Gema Insani Press, 2001




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v1i2.3582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-MUNAZZAM : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah