PENDAMPINGAN SANTRIWATI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUL MUKHLISIN KOTA KENDARI

Asnijen Asnijen, Fatirawahidah Fatirawahidah, Nasri Akib, Samsu Samsu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendampingan serta faktor pendukung dan penghambat santriwati dalam menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Darul Mukhlisin Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis menggunakan reduksi data, display data, Conclusi data. Teknik pengecekkan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi, yakni: trianggulasi teknik, trianggulasi sumber, trianggulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan santriwati dalam menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Darul Mukhlisin Kota Kendari dilakukan dengan mengklasifikasikansantri yang belum dan sudah mampu maju ke tahap menghafal Al-Qur’an serta melakukan pendekatan dengan membangun komunikasi. adapun Faktor pendukung dalam pendampingan yakni kebijakan, sarana dan prasarana, tanggung jawab dan kerjasama. Sedang faktor penghambat yakni kurangnya jumlahpendamping dan keterbatasan waktu

References


Agustina, Meirani.dkk. (2020).Strategi Peningkatan Minat Menghafal

Al-Quran Santri di Pondok Pesantren Ar-Rahman Curup.

Jurnal Kependidikan. IAIN Curup Bengkulu.

Al Dausary, Mahmud. Keutamaan-Keutamaan Al-Quran.E-Book

Islam. (Diunduh 25 Februari 2021)

Basyaruddin, M. Ali. (2020). Peran Pembina Asrama dalam

Pembelajaran di Pondok Pesantren.Jurnal Pendidikan Islam.

Jombang: Institut Agama Islam Tribakti Kediri

Diniyah, Hikmatud & Mahfudin, Agus. (2017). Peran Pengasuh

Pondok

Fulka, Muhammad Ahmad.dkk. (2021). Pendampingan Jamaah

Shubuh dan Pengajian Surah Al-Mulk Aanak-Anak Santri

Shibyanul Yaum di Kelurahan Kauman Mojosari Mojokerto.

Jurnal Pengabdian Masyarakat. IAI Uluwiyah Mojokerto,

Indonesia.

Giyarsih. (2019). Penggunaan Media Geogebra Untuk Meningkatkan

Kualitas Guru Matematika Dalam Pembelajaran Melalui

Pendampingan. Vol 3. No 5

Hamdi. (2020). Penerapan Fungsi Manajemen Pada Kantor

Kelurahan Rantau Kiwa Kecamatan tapin Utara Kabupaten

Tapin. Jurnal Ekonomi Bisnis.

Hani,Umu. Peran Pengasuh Dalam Meningkatkan Prestasi

Menghafal Al- Quran

Harahap, Ahmad Syukri. (2018). Metode Pendidikan Islam dalam

Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Hikmah,Vol. 15.

No. 1

Kemandirian Anak Jalanan di Komunitas Save Street Child Taman

Bungkul Surabaya.Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univ. Negeri Surabaya.

Mardiana. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Mimicry

Memorization

Masduki, Yusron. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal AlQuran.

Fakultas Agama Islam : Univ. Muhammadiyah Palembang.

Nabella, Aregina. (2017). Peta Masalah Santri dan Kesiapan Guru

BK di SMA Pondok Pesantren Modern al-Amanah Junwangi,

Krian. Jurnal BK UNESA 7. Diakses 16 November 2020

Najib, Mughni. (2018). Implementasi Metode Takrir Dalam

Menghafalkan Al-Quran Bagi Santri Pondok Pesantren

Punggul Nganjuk. Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman.

(Diunduh 19 November 2020)

Nur, Wawan. (2019). Strategi Pembina Dalam Membentuk Akhlak

Santri Di Pondok Pesantren Darud Da’wah Wal-Irsyad (DDI)

Mattoanging Kabupaten Banteng. UIN Alaudin Makassar:

Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Nurhadi, Zikri Fachrul dan Kurniawan, Ahmad Wildan. (2017).

Kajian Tentang Efektifitas Pesan Dalam Komunikasi. Jurnal

Hasil Pemikiran dan Penelitian. Univ.Garut: Program Studi

Ilmu Komunikasi

Pesantren Dalam Aktifitas Menghafal Al-Quran Di Pondok Pesantren

Tahfizul Quran Imam Ghozali Peterongan Jombang.Jurnal

Pendidikan Islam.Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

(UNIPDU) Jombang.

Rahayu, Sri. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan.

Program Studi Administrasi Pendidikan. STKIP

Muhammadiyah Bogor.

Santri PP, Nurul Ummahat Kotagede Yogyakarta. UIN Negeri

SunanKalijaga Yogyakarta: Fakultas Dakwah Dan Komunikasi.

Suma’at.dkk. (2020). Peran Guru Al-Quran Dalam Meningkatkan

Hafalan Santri Di Kuttab Awwal Usia Satu Sampai Enam

Tahun Dengan Metode Talaqqi Di Kuttab Al-Fatih Kelapa

Dua Kota Depok.Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama

Islam. 14

Zayin, Noviyanti. (2019). Pengaruh Pendampingan dan Kedisiplinan

Ustadz/Ustadzah Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri

di Pondok Pesantren Yasin Kudus. IAIN Kudus. Tarbiyah

Program Studi PAI.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v2i1.4285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-MUNAZZAM : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah