KONTRIBUSI REMAJA MASJID AL-MUHAJIRIN DALAM PEMBINAAN PERILAKU ISLAMI DI DESA LAPANDEWA KABUPATEN BUTON SELATAN

Hasma Hasma, Samsu Samsu, Akhmad Sukardi, Hasan Basri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi, bentuk kegiatan serta faktor penghambat dan pendukung yang dialami remaja masjid Al-Muhajirin dalam pembinaan perilaku Islami remaja di desa Lapandewa Kabupaten Buton Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu deskriptif analisis, melalui pengumpulan data dengan observasi langsung kelapangan untuk mendapatkan data yang valid, wawancara yang mendalam, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1. Remaja masjid Al-Muhajirin melakukan kegiatan yang bernafaskan Islam untuk menciptakan remaja yang bertakwa; 2. Kegiatannya meliputi; Pengajian, ta’lim, dan kajian,; 3. a. Faktor penghambat : Kurangnya perlengkapan iqro atau Al-qur’an, serta buku Islami, sebagian anggota remaja masjid Al-muhajirin adalah pelajar sehingga kegiatan ta’lim tidak berjalan dengan lancar dikarenakan kurangnya ustadz dalam menggantikan jadwal yang ditetapkan. b. Faktor pendukung : semangat anggota remaja masjid dalam upaya menjalankan kegiatan pengajian, ta’lim, dan kajian sehingga mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah seperti bantuan berupa dana.

References


Ahmadi, Abu. Sholeh, Munawar. (2005) Psikologi Perkembangan. Jakarta : Rineka

Cipta.

Arjoni. (2017). Pendidikan Islami Kenalakan Remaja. Jurnal Penelitian dan

Pengabdian Vol.6 No2, Juli-Desember.

Azwar, Sufuddin. (2000). Relabilitas dan Vasilitas, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Damayanti, Ayu. (2017). Analisis Faktor Predisposisi yang Berhubungan dengan

Perilaku Masyrakat Di RW Kelurahan Nambangan Kidul Kecamatan

Manghurjono Kota Madiun.

Daradjat, Zakiah. ( 1996 ). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang. Departemen

Agama RI. (2003). Direktorat Organisasi Remaja Masjid. Jakarta: Direktorat

Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Departemen Agama RI. (2007). Al-qur’an dan Terjemahannya. Bandung:

Kiaracondong.

Histori Yogyakarta: Titian Ilahi Perss.

http://fahriardiansyah22.blogspot.com/2015makna-pengkaderan.htm1?1 diakses

pada tanggal 13 januari 2020

Hurlock, Elizabeth B. (2002). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang

Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Ismail, Faisal. (1997). Paradigma Kebudayaan Islam: Studi Kritis dan Refleksi

Ivanevich, Jhon M. (2010). Human Resorce Managment. Elevent Editon NewYork:

Me Garf-Hill.

Kamaludiningrat, Ahmad Muhsin. (2010). Meningkatkan Peran dan Fungsi Masjid

Dalam Dakwah dan Pembinaan Masyarakat Madani Beriman dan Bertaqwa.

Jogjakarta: Jurnal Ulama.

Maleong, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja

Rusdakarya.

Manghurjono. (1997). Pembinaan Arti Dan Metodenya. Yogyakarta: Kannissius.

Nasution, Harun. (1974). Islam ditinjau dari berbagai aspek jilid I. Jakarta : UI Perss.

Nata, Abuddin. (2000). Akhlak Tasawuf. Jakarta: Raja Grefindo. Poerwadarminta.

(2008). Kamus Umum Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Ramayulis. (2007). Psikolog Agama. Jakarta: Kalam Mulia.

Sabri M, Alisuf. (2010) Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional.

Jakarta: Pedoman Ilmu Raya.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2008). Teori-teori Psikologi Sosial. Jarkata: PT.Raja

Grafindo Persada.

Simanjuntak, B. (1990). Membina dan Mengembangkan Generasi Mudah.

Bandung: Tarsito.

Siswanto. (2005). Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid. Jakarta:Pustaka Alkausstar.

Soekanto, Soerjono. (1993). Kamus Sosiologi. Jakarta: Rajawali Pers. Sugiono.

(2009). Metode Penulisan Pendidikan Pendekatan kualitatif dan R&D.

Bandung: CV Alfabeta.

Syarif, Sofyan. (1993). Manajmen Masjid. Dana Bhakti Prima Yasa: IslamUmum.

Walgito, Bimo. (1994). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: Fakultas

Psikologi.

www.google.pengertianperilaku.com. Diakses April 8, 2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v2i1.4286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-MUNAZZAM : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah