STRATEGI PESANTREN BAITUL ARQOM DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DAKWAH SANTRI DI KEL. POLINGGONA KEC. WATUBANGGA KAB. KOLAKA

Norma Mira Wati, Nurdin Nurdin, Asliah Zainal, Rosmayasari Rosmayasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1)Strategi yang digunakan Pondok Pesantren Baitul Arqom dalam memotivasi belajar dakwah. 2) Faktor pendukungdan penghambat Pondok Pesantren Baitul Arqom dalam memotivasi belajar dakwah Santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan studi dokumen.Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Hubermanyaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Strategi Pondok Pesantren Baitul Arqom dalam memotivasi belajar dakwah Santri dilakukan dengan mengadakan beberapa program kegiatan yakni: melalui programmuhadhoroh, program halaqoh dan melalui program majelis taklim yang diadakan dua kali dalam sepekan. 2) Faktor pendukung Pondok Pesantren Baitul Arqom yaitu dukungan dari orang tua santri serta adanya keahlian Ustadz dan Ustazah di bidangnya. 3) Faktor penghambat Pondok Pesantren Baitul Arqom yaitu kurangnya percaya diri Santri dalam berbicara didepan umum dan karakter Santri yang berbeda-beda.

References


Arikunto & Suharsimi. (1998). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Kamal., Kamaluddin Abunawas., & A. Marjuni. (2018). Pelaksanaan pengajian

halaqah dalam pemahaman keagamaan pada ma'had aly Pondok Pesantren

As'adiyah Sengkang Kabupaten Wajo. Jurnal Pendidikan, Sosial dan

Keagamaan,17 (2), 274.

Darojah. (2016). Strategi Dakwah "Majelis Taklim Istighotsah" MWC NU Kecamatan

Wonotunggal Kabupaten Batang. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Islam

Negeri Walisongo Semarang, Semarang.

Ghazi Alkhairy, M.S., Yusuf Zaenal Abidin., & Dewi Sadiah. (2017). Peran Pimpinan

Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kualitas Dakwah Santri. Jurnal

Manajemen Dakwah, 2 (3), 219. DOI : 10.15575/ tadbir

Gustiawan, A. B. (2020). Implementasi Kegiatan Program Muhadhoroh Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Santri di Pondok Pesantren Sultan Mahmud

Badaruddin II Palembang. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri

Raden Fatah Palembang, Palembang.

Moleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Munir

& Wahyu. (2009). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Muinah, A. (2018). Peran Kegiatan Muhadhoroh Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri

Santri Pondok Pesantren Modern Bina Insani Kec. Susukan Kab. Semarang.

Skripsi tidak dipublikasikan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Salatiga.

Novita, N. (2016). Metode Penerapan Halaqah: Upaya Dalam Meningkatkan Kemampuan

Mahasiswa Membaca Al-Qur'an di Masjid Fathun Qarib UIN Ar- Raniry Banda

Aceh. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda

Aceh, Banda Aceh.

Nurjaman, A. (2016). Pola Komunikasi Kyai Dalam Memelihara Solidaritas Jamaah:

Studi Kasus Tentang Komunikasi Kyai di Majelis Taklim Asy-Syifa Wal

Mahmudiyyah Simpang Desa Haurgombong. Jurnal Ilmu Dakwah, 10 (2), 330.

Sanafiah, Faisal. (2001). Format-Format Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukayat, t. (2009). Quantum Dakwah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syamsuddin AB, S. (2013). Sosiologi Dakwah. Makassar: Alauddin University Press.

Yaqub, A. m. (1997). Sejarah Dan Metode Dakwah Nabi. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Zaitun; Hasmulyadi. (2020).Peran Pengajian Halaqah Terhadap

Peningkatan Pengetahuan Nahwu Santri di Pondok Pesantren Al-Urwatul

Wutsqaa. Jurnal Bahasa Arab & Pendidikan Bahasa Arab,1 (2), 39.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v2i1.4290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-MUNAZZAM : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah