IMPLEMENTASI MANAJEMEN MASJID DALAM MENINGKATKAN MINAT SHOLAT BERJAMAAH DI MASJID AL-ALAM KOTA KENDARI

Tri Hasri Dewi, Mansur Mansur, Akhmad Sukardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen masjid dalam meningkatkan minat sholat berjamaah di masjid al-Alam Kota Kendari dan kemudian menyajikan tiga rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana implementasi manajemen masjid dalam meningkatkan minat jamaah untuk sholat di masjid Al-Alam Kota Kendari (2) Bagaimana upaya ta’mir masjid dalam meningkatkan jumlah jamaah di masjid Al-Alam Kota Kendari (3) Faktor penghambat dan pendukung implementasi manajemen masjid Al-Alam Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu dengan menggambarkan kejadian realita yang terjadi secara menyeluruh. Hasil penelitian yang di peroleh berupa : Manajemen Masjid Al-Alam Kota Kendari memiliki manajemen yang cukup terstruktur, akan tetapi karena kondisi pandemi menjadi kurang aktif. Dari segi implementasi, manajemen, dan sarana- prasarana yang dijalankan sudah baik dan didukung oleh semua pengurus BKM dan masyarakat.

References


Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Ekonomi Islam. Stain Sorong, 2.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi, JawaBarat:

CV Jejak.

Ayub, M. E. (1996). Manajemen Masjid. Jakarta: GEMA INSANI PRESS.

Baso, N. A. (2021). Sejarah Masjid Al-Alam. Kendari.

Fitria, R. (2012). Proses pembelajaran dalam Setting Inklusi di sekolah Dasar. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Khusus, 93.

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, 52.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif : Wawancara.

Jurnal Keperawatan Indonesia, 36.

Sucahyowati, H. (2017). Pengantar Manajemen. Willis: Jakarta.

Suryani, I. (2017). Manajemen Masjid Dalam Meningkatkan Daya Tarik Di Masjid

Amirul Mukminin Makassar. Alauddin Makassar, 11.

Sutraini, E., & Octaviani, R. (2019). Analisis Data dan Pengecekan Keabsahan Data .

Ekonomi Syariah, 14.

Suyuthi, N. D. (2020). Dasar-dasar Manajemen Teori Tujuan dan Fungsi. Yayasan Kita

Menulis.

Wijayanto, D. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Zanah, R. F., & Sulaksana, J. (2016).

Pengaruh Fungsi Manajemen Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Ilmu Pertanian dan

Peternakan, 158.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v2i1.4292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-MUNAZZAM : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah