MANAJEMEN PENGURUS MASJID DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN MASJID NURUL AMIN KOTA KENDARI

Wajdi Wajdi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen pengurus masjid dalam meningkatkan pemahaman keagamaan jamaah masjid Nurul Amin di lingkungan RT 12, Kelurahan mata iwoi, Kota Kendari. Secara lebih terperinci penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yang disampaikan oleh pengurus masjid atau ustadz Drs. H. Zainal Abidin. Metode yang menjadi pijakan pelaksanaan untuk mengetahui hasil yang diperoleh oleh jamaah dalam mengikuti kegiatan-kegiatan majelis atau pengajian Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskripsi. Hal ini untuk mengetahui secara pasti dan jelas mengenai gambaran tentang pemahaman keagamaan yaitu mengenai peningkatan pemahaman keagamaan dan pola perilaku masyarakat yang berada di lingkungan masjid. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap pengurus masjid dapat diketahui bahwa peningkatan pemahaman keagamaan non-formal yang berada di tengah-tengah masyarakat memberikan dampak positif yang cukup besar bagi perkembangan pemahaman keagamaan pada masyarakat kelurahan mata iwoi. Hal tersebut terlihat dari adanya perubahan baik dari sikap maupun perilaku yang semakin agamis


References


Achmadi, Abu, & Narbuko Cholid., 2007. Metode Penelitian Cet VII: Jakarta: PT. Bumi Aksar.

Armayani. Manajemen Startegi dalam Mengelola Dakwah Pada Pesantren Darul Istiqomah di Makassar. Alauddin University Press, 2013. Soh. E., Manajemen Masjid Cet i: Jakarta: Gema Insani Press, 1996.

Ayub, Manajemen Masjid, hlm, 1. 13 Beradasarkan hadits riwayat Muslim, dikutip dibukama Yani mad. E.Ayub H. Muh, Ahmad manajemen.

Ayub, Moh. Manajemen Masjid, (Jakarta: Gema Insani Press, 1996). Hal.3

Ayub, Muhammad. Manajemen Masjid, hal. 1 12 Berdasarkan hadits riwayat muslim, dikutip dibuku Muhammad E.

Ayub, moh. Manajemen Masjid Petunjuk Praktis bagi para pengurus, (Jakarta: Gema Insani Press. 1996), hal 30-32 47 Yusuf al-qaradhawi. Tututuna Bangunan masjid, (Jakarta: 2001), hal.42

Fadhli Hs. Ahmad, Organisasi dan Administrasi Cet. III: Kediri: Manhalin Nasiin Press, 2022.

George R. & Terry, Dasar-Dasar Manajemen, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 1992), hal.4

Hadi sutrisno, 1999 Metodologi Research, Yogyakarta: UGM Press,

James A. F. Atoner, R. Edward, F., Daniel, R. & Gilbert, JR, Management Sixth Edition, (New jersey: Prentice Hall, 1995), hal. 7 15 Miftaha Toha, Perilaku Organisasi: konsep Dasar Aplikasinya, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002), hal,. 228 16 Dr. KH U.

Katu Samiang, Taktik dan Strategi Dakwah di eras Milinium, Makassar: Alaudiin Univeristy Press 2011.

Kusdya Rahma Ike, Manajemen: Konsep-konspe Dasar dan Pengantar Teori, Malang: UNM Press, 2004.

Mustofa Budiman, Panduan Manajemen Masjid, (Surabaya: Ziyad Books 2007). Hal. 40.

H.

Moeloeng Lexy J., Metode Penelitian Kualitiatif, Bandung: Remaja Kerta Karya, 19998.

M. Manullang, Dasar-Dasar Manajemen, Cet I: Jakarta: Galia Indonesia, 1996 Ma’ruf.

P. Siagian Sondang, Manajemen Stratejik Ceatakan IX: Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Sutarma Ahmad, 2010. Manajemen Masjid Kontemporer, Jakarta: Balai penerbitan Fakultas Syariah dan hukum UIN.

Syarif H., & Burhan, B. Penelitian Kualitatif, Ed Kedua, CET ke 5, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v2i1.4339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-MUNAZZAM : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah