Manajemen Dakwah Santri Pondok Pesantren Darul Hijrah Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe

Khaeril Nurholis, Mansur Mansur, Samsu Samsu, Hasan Basri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembinaan dakwah dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembinaan aktivitas dakwah di pondok pesantren Darul Hijrah kec. Pondidaha Kab. Konawe. Metode peneitian ialah kualitatif yang bersifat deskriptif, Penelitian ini menggambarkan dan menjelaskan tentang pengembangan dakwah pada pondok pesantren. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pembinaan dakwah yang di lakukan Pembina (ustadz) di Pondok Pesantren Darul Hijrah dapat di kategorikan menjadi dua bentuk pembinaan yaitu pembinaan kompetensi subtantif yaitu kemampuan keilmuan santri dan kompetensi metodologis ialah pembinaan kemampuan untuk berdakwah. Faktor pendukung dalam membina para santri di antaranya faktor motivasi dari santri itu sendiri dan adanya kemauan dari santri untuk berdakwah, adapun faktor penghambatnya yaitu sarana dan prasarana yang masih terbatas (belum memadai), kualitas sumber daya manusia dan dukungan dari masyarakat sekitar yang masih kurang.


References


Darojat, M. I. (2018). Peran KH. MA. Sahal Mahfudh Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. In Tesis.

Harahap, A. (2022). Strategi Pondok Pesantren dalam Membina Kader Da’i di Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 21(2). https://doi.org/10.18592/alhadharah.v21i2.6832

Hery. (2018). Pengantar Manajemen. PT Grasindo.

Imam Turmidzi. (2019). Konsep Pengendalian Mutu Dan Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Dunia Bisnis Dan Dunia Pendidikan. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 1(1).

Moleong. (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A. | OPAC Perpustakaan Nasional RI. In Remaja Rosdakarya.

Ridwan, I., & Abdurohim. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta ’ lim Al - Muta ’ allim Terhadap Pembentukan Etika Belajar Santri Pondok Pesantren Ath-Thohariyah Desa Sindanghayu Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang. Jawara: Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).

Rosyad Sholeh, A. (2010). Manajemen Dakwah Islam . Suara Muhammadiyah.

Sawaty, I., & Tandirerung, K. (2018). Strategi pembinaan akhlak santri di pondok pesantren. Jurnal Al-Mau’izhah , 1(1).

Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. In Mandar Maju.

Syahrani, S., Fidzi, R., & Khairuddin, A. (2022). Model Penggodokan Keikhlasan Santri Anwaha Marindi Dan Almadaniyah Jaro. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(3). https://doi.org/10.35931/aq.v16i3.1055

Usman, M. I. (2013). Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, dan Perkembangannya Masa Kini). Al-Hikmah Journal for Religious Studies, 14(1), 127–146.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v4i1.9388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al-Munazzam : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah