Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin Kendari

Inang Inang, Nasri Akib

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses pembelajaran bahasa Arab siswa pada keterampilan berbicara. 2) Problematika apa saja yang dihadapi siswa dalam mempelajari bahasa Arab pada keterampilan berbicara. 3) Upaya-upaya apa saja yang dilakukan guru dan siswa dalam mengatasi problematika yang dihadapi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembelajaran dilakukan dengan menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) Metode yang digunakan guru yakni metode ceramah. metode soal dan jawab, metode menjodohkan kata dan metode penyusunan kata. 3) Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang dihadapi siswa yaitu meningkatkan motivasi siswa untuk terus mengembangkan minat belajar bahasa Arab, memberikan kosakata dan memberikan teks percakapan dan siswa mempraktekkan di depan kelas agar guru dan teman-teman yang lain bisa membenarkan makharijul huruf. Juga memberikan teks bacaan dan menerjemahkan secara bersama-sama serta melakukan kegiatan istima’ dengan memutarkan percakapan melalui speaker.

Sedangkan upaya yang dilakukan siswa sendiri dalam mengatasi problematika belajar bahasa Arab yaitu menyimak dan memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru bahasa Arab dengan baik serta mencatat poin penting terkait materi yang diajarkan, memperbanyak membaca buku atau kamus bahasa Arab, memperbanyak kosakata dan mendengarkan serta latihan percakapan bahasa Arab. Juga melakukan pengulangan berkelanjutan terhadap setiap materi yang diperoleh di kelas, menghafal kosakata agar bisa menerjemahkan teks bahasa Arab serta bertanya kepada guru, senior maupun teman-teman di kelas.

Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Zainal Arifin (2012). Perencanaan Pembelajaran Dari Desain Sampai Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Aldjufri, Alwi (2015). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada SMP Alkhairat 1 Palu. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Gani, Saida dan Berti Arsyad (2018). Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa (Fonologi, Morfologi, Sintaksis dan Semantik), A Jamy Jurnal Bahasa dan Sastra Arab. Vol. 7 No. 1

Muna, Wa (2011). Metodologi Pembelajaran Bahsa Arab dan Aplikasinya. Yogyakarta: Teras

Muasyaroh, Husnul (2014). Efektifitas Penerapan Model percakapan Bebas Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kendal. Semarang: UIN Semarang.

Najib, Muhamad (2011). Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas I’dad di MA Barunnajat Pruwatan Bumiayu Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Rahman, Fakhrur (2019). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah di Kota Langsa. Medan: UIN Sumatera Utara.

Rosyidi, Abd Wahab dan Mamlu’atu Ni’mah (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press

Sintia, Sinta (2017). Analisis Kemampuan Pengucapan Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Al- Raisiyah Sekarbela Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Mataram: UIN Mataram.

Suaib (2018). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mamuju. Parepare: IAIN Perepare.

Sulistyawati dan Wini Tarmini (2019). Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: UHAMKA Press

Sumiarni, Nanin (2014). Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Mahasiswa Pemula di Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Problematika dan Solusinya). Holistik. Vol 15 No. 1, h. 29

Supratman (2019). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas XI MA Hidayatullah Dasan Sari Mataram tahun Pelajaran 2019/2020. Mataram: UIN Mataram.

Vadhillah, Syukra, Alimin dan Suharmon (2016). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batu Mandi tilatang Kamang. Arabia. Vol 8 (1), h. 51




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/fusha.v1i1.6910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.