Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri Longa

Zairul Zairul, Arwilda Arwilda, Rini Muliasari, Nur Aini, Juwita Juwita, Laode Anhusadar

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan model pembelajaran siswa pada sekolah dasar Desa Longa Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara. Tujuan dari penelitian ini untuk menampilkan model pembelajaran yang bisa diterapkan bagi sekolah lain. Analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif dengan menekan pada metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, dari 20 siswa jumlah siswa yang tuntas adalah 7 siswa (35,00%) dengan nilai rata-rata 60,65. Atas dasar  inilah  peneliti  menerapakan  model  pembelajaran  Creative  Problem  Solving (CPS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menyatakan   bahwa   hasil   belajar   siswa   mengalami   peningkatan   pada   setiap siklusnya, pada siklus I meningkat  dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 13 siswa  (65,00%).  Dan  pada  siklus  II  mengalami  peningkatan  hingga  17  siswa (85,00%). Selain itu rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata nilai siswa meningkat dengan perolehan 73,75. Dan pada siklus II rata- rata nilai siswa meningkat dengan rata-rata nilai siswa sebesar 81,95.


Full Text:

PDF

References


Akmil Fuadi Rahman dan Maslianti. (2015) “Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama” dalam EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika 3, no 1 Bandung: Alfabeta.

Binti Maunah,(2009) Landasan pendididkan, Yogyakarta: Teras.

Doni Sirait, Erlando. (2016) “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”, dalam Jurnal Formatif

K, N., Denzin, & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurinda Rahmawati, ejournal, 2019 Implementasi Nilai Pendididkan Karakter faktor pendukung dan faktor penghambat Rosdakarya.

Sugiono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/insaniyah.v2i1.6841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal was indexed by