Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri Longa
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan model pembelajaran siswa pada sekolah dasar Desa Longa Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara. Tujuan dari penelitian ini untuk menampilkan model pembelajaran yang bisa diterapkan bagi sekolah lain. Analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif dengan menekan pada metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, dari 20 siswa jumlah siswa yang tuntas adalah 7 siswa (35,00%) dengan nilai rata-rata 60,65. Atas dasar inilah peneliti menerapakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus I meningkat dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 13 siswa (65,00%). Dan pada siklus II mengalami peningkatan hingga 17 siswa (85,00%). Selain itu rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata nilai siswa meningkat dengan perolehan 73,75. Dan pada siklus II rata- rata nilai siswa meningkat dengan rata-rata nilai siswa sebesar 81,95.
Full Text:
PDFReferences
Akmil Fuadi Rahman dan Maslianti. (2015) “Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama” dalam EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika 3, no 1 Bandung: Alfabeta.
Binti Maunah,(2009) Landasan pendididkan, Yogyakarta: Teras.
Doni Sirait, Erlando. (2016) “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”, dalam Jurnal Formatif
K, N., Denzin, & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurinda Rahmawati, ejournal, 2019 Implementasi Nilai Pendididkan Karakter faktor pendukung dan faktor penghambat Rosdakarya.
Sugiono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/insaniyah.v2i1.6841
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal was indexed by