Pengembangan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Menciptakan Wilayah Pesisir Tanpa Buta Baca dan Tulis

Siti Hayatun Nufus, Melati Ode, Asmaul Hasanah Dwi Adianti, Liswato Liswanto

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini di dasarkan pada fenomena yang ada di desa Waturambaha, dimana terdapat banyak anak-anak yang putus sekolah dikarenakan tidak adanya dukungan dari lingkungan hingga keluarga mereka sendiri padahal di desa ini fasilitas bangunan sekolah lengkap untuk semua jenjang. Padahal para siswa ini dapat menjadi aset yang sanat berharga dan berkesinambungan bagi desa sehingga perlu memperoleh perhatian dari orang-orang di sekitar mereka. Hadirnya mahasiswa dari IAIN Kendari yang melakukan kegiatan kuliah kerja nyata atau yang biasa di singkat KKN membawa sedikit petunjuk bagi masalah tersebut. dengan merancang sejumlah program kerja yang berfokus pada pengembangan motivasi belajar anak melalui metode pendekatan ABCD penulis-penulis menemui bahwa program kerja yang diusulkan membuahkan hasil yang sesuai ekspektasi penulis. dari data yang di kumpulkan melalui observasi di kelas serta pemantauan absensi setiap minggunya terdapat peningkatan jumlah siswa yang hadir di kelas.


Full Text:

PDF

References


B. A., V. E., & Dewi, Y. I. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Remaja di Daerah Pesisir Riau. Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, 971-979.

Garzia, M., Yufiarti, & Hartati, S. (2019). Perbedaan Kesiapan Sekolah Anak Usia Dini di Daerah Pesisir Ditinjau dari Status Ekonomi Orang Tua dan Parenting. Jurnal Obsesi, 470-483.

Samsuri, A., N. L., Fithrotuz, N., Eki, F., & Vadhila, U. (2021). Pendekatan ABCD Untuk meningkatkan Literasi di Madrasah. Buletin Abdi Masyarakat, 2.

Toha, M. (2019). Pendampingan Jaringan Komunitas dalam Pengembangan Wahana Belajar Masyarakat di Desa Waturambaha di Desa Kedungglugu, Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. Janaka: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/insaniyah.v2i1.6842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal was indexed by