KONTRIBUSI SULTRA ISLAND CARE DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL PARA RELAWAN DALAM KEGIATAN PEMBINAAN

Rosdiana Abdullah, Mansur Mansur, Ros Mayasari, Sitti Fauziah

Abstract


Penelitian ini fokus mengkaji Kontribusi Organisasi Masyarakat Sultra Island Care dalam meningkatkan perilaku prososial relawan di daerah binaan Desa Wawatu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan pengamatan (observasi), kemudian data diolah dan dianalisis dengan menggunakan langkah reduksi data, display data dan berivikasi data. Temuan Penelitian ini adalah bahwa Perilaku prososial relawan SIC adanya tanggung jawab sosial, kerjasama antara sesama relawan, kejujuran, menolong dan mempertimbangkan hak dan kesejahteraan orang lain dalam melakukan kebermanfaat dengan keinginan ikhlas membantu sesama. Upaya SIC dalam meningkatkan perilaku prososial relawan yaitu dengan adanya program-program yang di realisasikan melalui divisi pengembangan SDM Sultra Island Care dan Sultra Island Care, agar mampu meningkatkan perilaku prososial serta pengembangan pengetahuan relawan. Program yang khusus dirancang untuk relawan, seperti, briefing relawan, camping pesisir, family gartring. Maupun kegiatan pembinaan yang mampu menjadi wadah meningkatkan prososial dan pengembangan pengetahuan relawan SIC seperti adanya kegiatan pengajaran rutin sebagai orientasi relawan maupun sebagai pengenalan program Sultra Island Care, mentoring relawan, dan pembekalan relawan. Selain upaya SIC, terdapat upaya relawan untuk meningkatkan perilaku prososial seperti, menumbuhkan rasa tangung jawab, rasa ikhlas, optimis dan tidak kenal lelah. Hambatan-hambatan SIC dalam meningkatkan perilaku prososial pada relawan, terdapat dua hambatan yaitu pertama hambatan internal relawan SIC yaitu pengelolaan waktu, finansial relawan dan transportasi. Kedua, hambatan ekternal yaitu kurangnya kordinasi dan komunikasi antara sesama relawan, jarak tempuh daerah binaan dan sekaretariat yang tidak memadai.
Kata Kunci: Prososial, Relawan, Sultra Island Care


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Naufal. (2019). Pendidikan Kepedulian Sosial Pada Kegiatan Relawan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Skirpsi. Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta.

Anik, Cahyani. (2019). Perilaku Prososial Sebagai Prediktor Subjective Well-Being pada Sukarelawan Kelas Inspirasi Yogyakarta. Acta Psychologia. (1) (1)

Andari. Rizma. (2020). Religious Attitude Dengan Perilaku Prososial Pada Relawan PMI Kota Surabaya. (5) (2)

Bukit, Benyamin. Dkk. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Zahr Publishing.

Dian, Ayu, Widiarti (2015). Perilaku Prososial Pada Relawan Di Organisasi Kelompok Bakti Sosial Pengusaha (KBSP) Bandung. Skripsi. Departemen Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Ditha, Prasanti. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Informasi Kesehatan. 6 (1).

Daron, Robert. dkk. (2005). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Eli, Alawiyah. (2014). Strategi Rekrutmen Relawan Komite Nasional Untuk Rakyat Palestina (KNRP) Dalam Meningkatkan Penggalangan Dana. Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Ilmu

Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Indah, Saprianti. (2021). Perilaku Prososial pada Pendonor Sukarela di Unit Transfusi Darah PMI Palembang. Indonesian Journal of Behavioral Studies. (1) (1)

Icha, Kurnila. (2013). Perilaku Prososial Relawan Yayasan Ummi Fadhilah Surabaya. Skripsi. Institut Agama Islam Sunan Ampel. Surabaya.

Irana, Mery. (2020). Implementasi Dan Kendala Dalam Sport Volunteering ASEAN School Games Tahun 2019. Skipsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Olahragaan Universitas Negeri Semarang.

Kahirini, Syafrin. (2020). Hubungan Konsep Diri dengan Altruisme Pada Relawan Sedekah Rombongan Riau. Skripsi. Universitas Negeri Islam Sultan Syarif Kasim Riau.

Muhammad, Nurahman, Hidayatulla, dkk. (2021). Perilaku Prososial pada Relawan Anak Sumatera Selatan. Indonesian Journal of Behavioral Studies. (1) (2)

Mulyadi, Seto. dkk. (2016). Psikologi Sosial. Jakarta: Gunadarma.

Mirnawati. (2019). Manajemen Pemberdayaan Masuarakat Relawan Indonesia (MRI) Melalui Pelatihan Aktfivittas Kerelawanan Di Aksi Cepat Tanggap (ACT) Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sunan Kalijaga Surabaya.

Nofiani. (2020). Manajemen Program Pelatihan Kerelawanan (Studi Kasus Pada Lembaga Aksi Cepat Tanggap-Masyarakat Relawan Indonesia Jawa Tengah). Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Putri, Mayangsari, Ashar. Dkk. (2017 Studi Deskriptif mengenai Motivasi Prososial pada Relawan Komunitas Berbagi Nasi di Kota Bandung. Humanitas. (1) (3)

Puput, Rahayu. (2021). Bimbingan Orang Tua Dalam Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar Daring Di Desa Margacinta Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selawan. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.

Puth, Andini. (2018). Perilaku Prososial Remaja Anggota Komunitas Ketimbang Ngemis Palembang. Skripsi. Prodi Psikologi Islam Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Rahman, Agus, Abdul. (2013). Psikologi Sosial. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suwarsono. (2016). Pengantar Penelitian Kualitatif. Disajikan dalam Acara Hari Studi Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, JPMIPA-FKIP Universitas Sanata Dharma, Skripsi. Yogyakarta.

Shadiqi, (2018). Perilaku Prososial. Dalam A. Pitaloka, Z. Abidin, & M. N. Milla (Eds.), Buku psikologi sosial, pengantar teori dan penelitian (227-260). Jakarta: Salemba Humanika.

Wahyu, Ari. (2011). Motif Relawan Kemanusiaan Rumah Zakat Cabang Depok. Skripsi. Universitas Syarif Hidayatullah.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/jmrc.v2i2.5887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL MERCUSUAR: BIMBINGAN, PENYULUHAN DAN KONSELING ISLAM



_______________________________________________________ _______________________________________________________ _______________________________________________________ ________________________________________________________