MEMBUMIKAN PANCASILA: UPAYA PELEMBAGAAN NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA

Abdul Hamid Tome

Abstract


Melihat perjalanan sejarah Pancasila yang memiliki dinamikanya sendiri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yang sampai saat ini belum menunjukan keharmonisan hidup setiap komponen negara, mengharuskan warga negara untuk memikirkan kembali jalan terbaik bagi perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam koridor Pancasila. Pancasila merupakan ikhtiar kebangsaan yang perlu dijaga dan dirawat demi keutuhan negara sehingga Pancasila tidak hanya slogan semata dengan mengatakan “Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Pancasila tak sekadar upaya deklaratif dari pemerintah atau masyarakat, lebih dari itu Pancasila perlu dibumikan dalam kehidupan nyata. Pembumian nilai Pancasila dapat dilakukan dengan cara melakukan pelembagaan nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat desa.

 


Keywords


Pancasila, Masyarakat, Desa

References


Buku

Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila: Jalan Kemaslahatan Berbangsa, LP3ES, Jakarta.

Azhary, 1995, Negara Hukum Indonesia: Analisis Yuridis Normatif Tentang Unsur-Unsurnya, UI Press, Jakarta.

Budiardjo, Miriam, 2008, Dasar-Dasar Ilmu Politik. Edisi Revisi, Cetakan III, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Darmodiharjo, Darji (edt), 1995, Santiaji Pancasila: Suatu Tinjauan Filosofis, Historis dan Yuridis Konstitusional, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kaelan, 2004, Pendidikan Pancasila, Edisi Kedelapan, Paradigma, Yogyakarta.

Latif, Yudi, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila, Cetakan III, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Artikel Ilmiah

Mulyono, 2010, Dinamika Aktualisasi Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, http://eprints.undip.ac.id/3241/, diakses tanggal 30 Agustus 2017.

Rahman, Budiarti, 2016, “Implementasi Perlindungan Konstitusional Kebebasan Beragama Perspektif Negara Hukum Indonesia”, Jurnal Al -‘Adl, Vol. 9, No. 1.

Diab, Ashadi L, 2016, “Hukum Islam dan Ketatanegaraan (Sebuah Transformasi Hukum dalam Masyarakat)”, Jurnal Al-‘Adl, Vol. 9, No. 2.

Website

Barakati, Desa Pancasila Ikhtiar Bersama dalam Merawat Masa Depan Kemajemukan, https://barakati.id/desa-pancasila-ikhtiar-bersama-dalam-merawat-masa-depan-kemajemukan/, diakses tanggal 19 Januari 2020.

Gorontalo Antara News, Desa Banuroja Pohuwato Ditetapkan Menjadi Desa Pancasila, https://gorontalo.antaranews.com/berita/99786/desa-banuroja-pohuwato-ditetapkan-menjadi-desa-pancasila, diakses tanggal 19 Januari 2020.

Perundang – Undangan

Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/aladl.v13i1.1717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdul Hamid Tome

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Adl was Indexed by:

Organized by : Fakultas Syariah
Published by : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17, Kec. Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: aladl@iainkendari.ac.id

View My Stats