Wawasan Gender Dalam Perundang-Undangan Perkawinan Di Indonesia

St. Halimang

Abstract


Gender adalah Suatu konsep kultural yang berupaya membuat pembedaan dalam hal peran, perilaku, dan karakter emosional antara laki-laki dan perempuan yang berkembang dalam masyarakat, hokum Islam tidak ada dikotomi antara laki-laki dan perempuan untuk berkipra karena masing-masing akan dimintai pertanggung jawaban. Wujud wawasan gender dalam Perundang-undangan dapat dilihat dalam kedudukan sebagai istri, Suami sebagai kepala keluarga dan istri sebagai ibu rumah tangga,masing-masing pihak berhak untuk melakukan perbuatan hukum, juga terhadap harta bersama pun istri mempunyai hak yang seimbang dengan suami, hak terhadap anak tetap ada pada suami istri, jika seandainya perkawinannya putus, dalam Proses Perceraian, begitu juga kedudukan wanita dalam hukum kewarisan diharapkan supaya dalam menggali dasar-dasar yang digunakan oleh para ulama dalam menetapkan suatu hukum yang berkaitan dengan gender supaya mengelaborasi antara hokum normative dengan hokum positif utamanya yang terkait perempuan, sehingga perempuan semakin mampu berperan secara lebih dinamis dalam kehidupan bermasyarakat.


Keywords


Gender, Perempuan, Perundang-undangan, Perkawinan.

Full Text:

PDF

References


Alqur’an dan Terjemahnya.

Amandemen Undang-undang Peradilan Agama (UURI No. 3 Tahun 2006) dilengkapi dengan UU RI No. 7 tahun 1989 tentang peradilan Agama.

Kep. Menteri Agama RI No. 73 tahun 1993 tentang Penetapan Kelas Pengadilan Agama. Cet. Ke-4, Jakarta: Sinar Grafika, 2009.

Departemen Agama RI, Himpunan Peraturan perundang-undangan perkawinan. Jakarta: t.p, 2002.

Al-Qusyairiy al-Naisaburiy Muslim al-Hajjaj Abu al-Husain, Shahih Muslim, juz III (Beirut: Da>r Ihya al-Turast al-‘Arabiy, t.t.

Busthanul arifin, Pelembagaan Hukum Islam di Indonesia. Cet.I, Jakarta: Gema Insani Press, 1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/aladl.v9i1.669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 St. Halimang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Adl was Indexed by:

Organized by : Fakultas Syariah
Published by : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17, Kec. Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: aladl@iainkendari.ac.id

View My Stats