Pengembangan Bahan Ajar Qawaid Bahasa Arab Berbasis Mind Map untuk STAIN Kendari

Laode Abdul Wahab

Abstract


Penelitian Pengembangan Bahan Ajar Qawaid Bahasa Arab Berbasis
Mind Map untuk STAIN Kendari ini telah dilakukan. Pengembangan
bahan ajar ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap 1. Analisis, 2.
Perancangan, 3. Pengembangan, 4. Evaluasi (Tes), dan 5. Revisi dan
dihasilkan pengembangan bahan ajar qawaid bahasa Arab berbasis mind
map untuk STAIN Kendari yaitu bahan ajar yang disajikan dalam bentuk
pola peta dengan berbagai ilustrasi bentuk dan warna yang mempunyai
tema besar (utama) yang terhubung dengan tema turunan dan terhubung
antara satu dengan yang lainnya yang disertai contoh. Penggunaan bahan
ajar ini menunjukkan bahwa bahan ajar qawaid bahasa Arab berbasis
mind map dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan rerata
78,59/B+, dan meningkatkan motivasi belajar qawaid. Bagi teman sejawat, agar dapat mengembangkan bahan ajar untuk setiap matakuliah
binaanya dengan menerapkan 5 tahapan pengembangan dengan model
bahan ajar berbasis mind map karena terbukti dapat meningkatkan
motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Kegiatan penelitian ini
bermanfaat dan dirasakan lebih mudah oleh para mahasiswa. Penelitian ini
menyarankan pentingnya penelitian yang berproduk buku ajar yang lebih
lengkap. Penelitian ini juga merekomendasikan agar dilanjutkan dengen
penelitian mind map sebagai strategi pembelajaran atau strategi belajar
mahasiswa untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar.
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Qawaid, Mind Map, STAIN
Kendari


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v9i2.157

Copyright (c) 2015 Al-Izzah



SERTIFIKAT-SINTA-3-AL-IZZAH


Web
Analytics

View My Stats