Kurikulum dan Pendidikan Nasionalisme di Pondok Pesantren Tremas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rasyid Saliman dan Rio Armanda Agustian, ‘Menguatkan Nasionalisme Baru Generasi Muda yang Berkarakter (Dalam Upaya Mengembangkan Model Pencegahan Radikalisme dan Terorisme Di Kampus)’, in Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang (Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2017), pp. 129–34
Ainani Zakiyatul Fuadah, ‘Peran Istighasah dalam Mengurangi Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional Di UPTD SMAN I Mojo Kediri: Kajian Fenomenologis Psikosufistik Pendidikan Islam’, Didaktika Religia, 2.Issue 2 (2014), 120
Al-Syaibani, Oemar Muhammad Al-Toumy, Filsafat Pendidikan Islam, Hasan Lang (Jakarta: Bulan Bintang, 1979)
Al-Syaibany, O.M.A., Falsafah Pendidikan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1979)
Amin Farih, ‘Nahdlatul Ulama (NU) dan Kontribusinya dalam Memperjuangkan Kemerdekaan dan Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)’, Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 2.Issue 2 (2016), 251–84
Bruinessen, M.V., Kitab Kuning Pesantren Dan Tarekat (Jakarta: Mizan, 1995)
Dhofier, Z., Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia (Jakarta: LP3ES, 2011)
H. Langgulung, Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 1986)
Harun Nasution, Kurikulum dan Pengajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 1995)
IrwanNahar, Novi, ‘Penerapan Teori Belajarbehavioristik Dalam Prosespembelajaran’, Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 1 (2016), 65–66
John P. Kotter dan James L. Heskett, Corporate Culture and Performance (Jakarta: PT. Prenhallindo, 1997)
Lombard, D, Nusa Jawa: Silang Budaya (Jakarta: Gremedia Pustaka Utama, 2008)
Mujib, A. & Mudzakkir, J., Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008)
Mukodi, Menjaga Umat: Pilar-Pilar Budaya Pondok Tremas Pacitan di Era Global, 1st edn (Yogyakarta: Lentera Kresindo, 2015)
———, ‘Pesantren Dan Pendidikan Politik di Indonesia: Sebuah Reformulasi Kepemimpinan Islam Futuristik’, Al-Tahrir Jurnal Pemikiran Islam, 16 (2016), 462–63
———, ‘Pesantren Dan Upaya Deradikalisasi Agama’, Jurnal Walisongo, 23.Issue 1 (2015)
Mukodi dan Afid Burhanuddin, ‘Dialektika Keilmuan Pondok Pesantren Tremas Dalam Perspektif Gender’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 7.Issue 1 (2015)
Nasihun Amin, ‘Menyemai Nasionalisme dari Spirit Agama: Upaya Meredam Radikalisme Beragama’, Jurnal Teologia, 23.Issue 1 (2012)
Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Paradigma Positivisme Objektif Phenomenologi Interpretif Logika Bahasa Platonis, Chomskyist, Hegelian & Hermeneutik Paradigma Studi Islam Matematik Recursion, Seft-Theory & Stuructural Equation Modeling Dan Mixed, Edisi VI P (Yogyakarta: Rake Sarasin, 2011)
Nurcholis Madjid, Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan (Jakarta: Paramadina, 2010)
Nurrohman, Pesantren Sebagai Penangkal Radikalisme dan Terorisme: Studi Terhadap Pandangan Pimpinan Pesantren di Bandung Tentang Jihad, Kekerasan dan Kekuasaan, Serta Cara Menangkal Munculnya Radikalisme Dan Terorisme (Jakarta, 2010)
Samsul Ma’arif, ‘Ideologi Pesantren Salaf: Deradikalisasi Agama Dan Budaya Damai’, Ibda’ Jurnal Kebudayaan Islam, Vol. 12.No. 2 (2014), 201
Shofiyullah Mz., ‘Al-Kutub Al-Mu’tabarah: Kajian atas Sumber Rujukan dalam Beristinbat Menurut NU, Muhammadiyah, Dan Persis’, Jurnal Asy-Syir’ah, 42.Issue 1 (2008), 38–54
Sholeh Hidayat, Pengembangan Kurikulum Baru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)
Sutarjo Adisusilo, ‘Nasionalisme-Demokrasi-Civil Society’ (Jakarta: www.google, diakses 28/06/2019, pukul 16.03., 2019)
Tn, ‘Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online’ (https://kbbi.web.id/)
Yaqut Cholil Qoumas, ‘Menjaga Rumah Pancasila dari Ancaman Ideologi Islam Transnasional’, Tirto.Id (Jakarta, June 2019), p. 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v0i0.1599
Copyright (c) 2020 Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.